Ada Gangguan Mata dan Telinga, Kakek 82 Tahun Siap Berangkat Haji Tahun Ini

Ada Gangguan Mata dan Telinga, Kakek 82 Tahun Siap Berangkat Haji Tahun Ini

Kakak Muksin (82), salah seorang calon jemaah haji.-FIN/Sabrina Hutajulu/Disway Group-

FIN.CO.ID - Pemberangkatan calon jemaah haji asal Indonesia gelombang pertama akan mulai pada 12-23 Mei 2024. Sementara, jemaah haji gelombang kedua akan diberangkatkan dari tanah air menuju King Abdul Azis International Airport (KAAIA) di Jeddah mulai 21 Mei-10 Juni 2024.

Salah seorang calon jemaah haji Kakek Muksin. Pria berusia 82 tahun ini akan berangkat ke Tanah Suci pada 3 Juni 2024 atau gelombang kedua. Sebagai orang yang sudah masuk kategori lansia, Muksin tentunya punya persiapan khusus.

BACA JUGA:

"Persiapan saya bawa obat-obatan, kemudian juga bawa susu buat orang tua," kata Muksin saat berbincang dengan FIN.CO.ID dari Disway Group di Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta Timur, Minggu 5 Mei 2024.

Terkait fisik, di mengaku tak memiliki riwayat penyakit apa pun. Hanya saja, kata dia, penglihatannya dan pendengarannya sedikit terganggu. "Cuma mata aja agak terganggu sama telinga, selebihnya sehat semua," ujarnya.

Kakek Muksin mengaku ia tipikal yang suka ngemil dibanding makan makanan berat, adapun minuman favoritnya ialah teh kotak. "Semoga nanti makanan di sana aman, semua tersedia segala kebutuhan," ucapnya.

Terkait uang saku, kata dia, dirinya hanya akan menukar uang sekitar Rp2 juta. "Untuk perlengkapan haji semua sudah siap, seperti topi, tas kecil untuk batu, semua sudah siap," tandasnya.

Sekretaris Jenderal Kemenag RI Muhammad Ali Ramdhani mengatakan, tahun ini Kementerian Agama akan memberangkatkan 241.000 calon jemaah haji. Dia mengatakan, ini merupakan angka terbanyak dalam sejarah penyelenggaraan ibadah haji.

"Luar biasa, dan dari jumlah tersebut ada lebih dari 45.000 jemaah kategori lansia. Maka sebagaimana seperti tahun lalu, kita mengusung tema Haji Ramah Lansia," pungkasnya.

BACA JUGA:

(Sabrina Hutajulu)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Mihardi

Tentang Penulis

Sumber: