PKB Taaruf Politik Pilgub Jakarta 2024, Ida Fauziyah Zaki Iskandar hingga Airin Rachmi Diany

PKB Taaruf Politik Pilgub Jakarta 2024, Ida Fauziyah Zaki Iskandar hingga Airin Rachmi Diany

Ilustrasi Pilkada Serentak 2024-ist-

fin.co.id - Dalam persiapan menyambut Pilkada Jakarta 2024, PKB menggelar taaruf politik untuk mencari calon gubernur yang akan diusung. 

Nama-nama yang muncul dalam taaruf tersebut antara lain Ketua DPD Partai Golkar DKI Jakarta, Ahmed Zaki Iskandar, dan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, yang merupakan kader internal PKB. 

"DKI ada Zaki, Ida Fauziyah, satu lagi, tiga orang," kata Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar kepada wartawan, Kamis 2 Mei 2024.

Selain itu, terdapat pula kader Partai Golkar lainnya yang turut serta dalam taaruf politik PKB, di antaranya Airin Rachmi Diany, yang dipertimbangkan untuk Pilkada Banten.

BACA JUGA:Benyamin Davnie dan Pilar Saga Ichsan Maju Lagi di Pilkada Tangsel lewat 3 Parpol

Menyikapi keberadaan kedua kader Golkar tersebut, Ketua Umum PKB menyebut bahwa hal tersebut muncul dari aspirasi internal partainya, meskipun belum berkomunikasi langsung dengan Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto.

"Belum (komunikasi dengan Airlangga). Ini proses dari bawah. Nanti pada akhirnya, tapi rata-rata mereka sudah pamit kepada para ketua umumnya," ujarnya.

Kedua kader Golkar, Zaki dan Airin, telah mendapatkan rekomendasi dari Partai Golkar untuk maju di Pilkada 2024.

PKB menyatakan keterbukaannya untuk berkoalisi dengan siapapun dalam Pilkada serentak yang akan digelar pada 27 November 2024 mendatang.

BACA JUGA:PKB dan PPP Koalisi di Pilkada Serentak 2024

"Siapa aja yang penting kita ketemu figurnya, setelah ketemu figurnya koalisi partai-partai," katanya.

Nantinya, nama-nama yang masuk dalam taaruf PKB akan dinilai dari elektabilitas, visi misi, serta kapasitas dan kapabilitasnya untuk dimajukan di Pilkada Jakarta.

"Tentu tiga itu lagi diukur kapasitas, kapabilitas, diukur visi misinya dan tentu ketiga elektabilitas. Nanti diskusi, wawancara, kemudian presentasi. Dan potensi koalisi mengusung bersama," tutupnya.

- Fajar Ilman - 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: