Menlu RI Tegas Tak akan Normalisasi Hubungan dengan Israel, PKS Apresiasi

Menlu RI Tegas Tak akan Normalisasi Hubungan dengan Israel, PKS Apresiasi

Menlu RI Retno Marsudi--Foto : tangkapan layar YouTube

FIN.CO.ID- Anggota Komisi I DPR RI Jazuli Juwaini mengapresiasi ketegasan Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi atas sikap tidak akan menormalisasi hubungan dengan Israel ditengah berbagai tekanan normalisasi.

Ia menilai skap Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dinilai sebagai cerminan konstitusi Indonesia. 

“Apresiasi Ibu Menlu (Retno Marsudi) yang dengan tegas membantah isu normalisasi hubungan dengan Israel. Fraksi PKS terus mendukung dan mengawal sikap yang merupakan cerminan konstitusi kita tersebut,” kata Jazuli kepada wartawan, Selasa, 16 April 2024.

BACA JUGA:

Politisi Partai PKS ini berharap ketegasan Kemlu tersebut merupakan sikap bulat dan kompak jajaran pemerintahan lainnya, terutama kementerian bidang ekonomi. 

Sebab isu normalisasi dikaitkan dengan rencana bergabungnya Indonesia dalam Organisasi untuk Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan (OECD).

"Tidak ada alasan apa pun yang membuat Indonesia menormalisasi hubungan dalam bentuk apa pun dengan zionis Israel yang nyata-nyata melakukan penjajahan dan genosida atas rakyat Palestina,” kata Wakil Presiden Anggota Parlemen Muslim Dunia (IIFP) ini.

Jazuli menegaskan, bagi Indonesia penolakan atas penjajahan Israel adalah amanat konstitusi, yang secara tegas menyatakan tugas dan tanggung jawab untuk menghapuskan segala bentuk penjajahan di atas dunia.

"Israel jelas menjajah bangsa Palestina, merampas tanah mereka, dan membantai warga sipil anak-anak, perempuan, dan orang tua. Normalisasi hubungan dengan penjajah jelas menciderai amanat konstitusi, melukai perasaan kolektif rakyat Indonesia, sehingga haram hukumnya," tegas Jazuli.

BACA JUGA:

Sebaliknya, lanjutnya, Indonesia berdiri tegak membela hak-hak rakyat Palestina hingga memperoleh kemerdekaannya. 

"Sampai kapanpun Indonesia pro Palestina dan anti penjajah Israel," pungkasnya. (Anisha Aprilia) 

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: