KCIC Terjunkan 524 Petugas Pengamanan pada Momen Mudik 2024

KCIC Terjunkan 524 Petugas Pengamanan pada Momen Mudik 2024

Petugas tengah memberikan petunjuk kepada penumpang Whoosh.-FIN/Dok KCIC-

FIN.CO.ID - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mengerahkan ratusan petugas untuk memberikan pengamanan bagi para penumpang Kereta Cepat Whoosh pada momen Arus Mudik Lebaran 2024. Bahkan, ratusan petugas itu disebab ke sejumlah titik di wilayah hukumnya.

"Pada momen libur lebaran KCIC juga mengerahkan sekitar 524 petugas pengamanan per hari untuk memastikan keselamatan dan keamanan di stasiun, kereta, dan jalur lintas operasional Whoosh," kata Corporate Secretary PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) Eva Chairunisa dalam keterangannya, Jumat 5 April 2024 malam.

BACA JUGA:

Selain itu, kata Eva, ribuan closed-circuit television (CCTV) dipasang di jalur Kereta Cepat Whoosh. Hal itu, sambungnya, untuk memastikan keamanan perjalanan Whoosh.

"Terdapat secara total 1.396 CCTV di sepanjang jalur kereta cepat dan stasiun sebagai bagian yang terintegrasi dalam sistem pengendalian operasi (OCC) untuk memastikan keamanan perjalanan Whoosh, termasuk pemantauan pelayanan, dan sekuriti penumpang selama berada di area stasiun," terangnya.

Untuk meningkatkan pelayanan, kata dia, sekitar 24 petugas tambahan yang akan difungsikan sebagai passenger service mobile juga dihadirkan di stasiun untuk membantu mengarahkan dan memberikan informasi kepada penumpang. Peningkatan layanan juga dilakukan dalam bentuk pembagian takjil gratis untuk penumpang pada jadwal tertentu khususnya yang mendekati waktu berbuka puasa.

"Lainnya di momen libur lebaran ini, penumpang yang melakukan pembelian tiket melalui aplikasi Whoosh dan Web KCIC juga lebih dimudahkan saat akan melakukan pembatalan dan perubahan jadwal," katanya.

Dia mengatakan, kini layanan tersebut sudah bisa dilakukan secara online melalui aplikasi Whoosh dan Web KCIC. Penumpang tidak perlu datang ke stasiun hanya untuk membatalkan atau melakukan perubahan jadwal pada tiketnya.

"Pastikan pada saat pemesanan data pada tiket sudah sesuai dengan identitas asli yang dimiliki penumpang. Hal ini bertujuan untuk memastikan protokol keamanan serta kesesuaian manifes guna kepentingan asuransi perjalanan," tuturnya.

Dia menambahkan, KCIC mengimbau kepada para penumpang untuk mematuhi ketentuan terkait barang bawaannya agar kenyamanan seluruh penumpang dapat terjaga. Setiap penumpang hanya dapat membawa bagasi sebanyak 3 barang dengan dimensi maksimal yaitu 100cm x 30cm x 40cm dengan berat total maksimum 20 kg.

"Adapun tiga barang tersebut dapat berupa dua koper atau dus dan satu ransel atas tas tangan," ujarnya.

Untuk memastikan kemudahan masyarakat dari dan menuju stasiun dapat terakomodir dengan baik, KCIC juga telah berkoordinasi dengan seluruh operator intermoda lainnya untuk memenuhi kebutuhan angkutan lanjutan para penumpang dari Stasiun Whoosh ke berbagai destinasi lainnya.

"Tersedia layanan mulai dari LRT Jabodebek, Commuterline, Bus TransJakarta, Bus Trans Metro Pasundan, Bus menuju Bandara Internasional Soekarno Hatta, shuttle, dan taksi yang siap melayani seluruh penumpang Whoosh," tuturnya.

Eva mengatakan, berdasarkan pantauan sampai dengan saat ini, tanggal yang menjadi favorit masyarakat adalah mulai keberangkatan H-5 Lebaran yaitu tanggal 5 April dan seterusnya. Tiket yang sudah terjual di sejumlah tanggal dan jam favorit mencapai di atas 80%.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Mihardi

Tentang Penulis

Sumber: