Terapkan Tarif Dinamis, KCIC Catat Kereta Cepat Whoosh Layani 2 Juta Penumpang

Terapkan Tarif Dinamis, KCIC Catat Kereta Cepat Whoosh Layani 2 Juta Penumpang

Sejumlah penumpang Kereta Cepat Whoosh tampak menunggu antrean.-FIN/Dok KCIC-

FIN.CO.ID - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mencatat jumlah penumpang Kereta Cepat Whoosh telah mencapai 2.000.000 penumpang sejak dioperasikan pada 17 Oktober 2023. Tercapainya angka itu melalui berbagai upaya dan inovasi yang dilakukan KCIC bersama pemangku kepentingan.

"KCIC senantiasa meningkatkan layanannya untuk memenuhi berbagai harapan pelanggan termasuk menyesuaikan jumlah perjalanan melalui penambahan jadwal agar kereta Whoosh semakin memberi kemudahan bagi masyarakat," kata Direktur Utama PT KCIC Dwiyana Slamet Riyadi, Rabu 6 Maret 2024.

BACA JUGA:

Dia menuturkan, pencapaian ini merupakan upaya KCIC yang terus mengajak masyarakat menggunkan transportasi massal yang lebih ramah lingkungan.

“Kepercayaan masyarakat yang diberikan pada Kereta Cepat Whoosh menjadi pelecut dan suntikan semangat bagi kami untuk terus berinovasi untuk memberikan yang terbaik pada penumpang. Karena itu, kolaborasi dan inovasi-inovasi baru akan terus kami hadirkan untuk penumpang," katanya.

Semenjak beroperasi hingga saat ini, kata dia, operasional Kereta Cepat Whoosh terus mengalami penambahan jumlah perjalanan yang terus ditingkatkan secara bertahap.

“Dari awalnya 14 perjalanan reguler per hari di Oktober, 28 perjalanan di November, 40 perjalanan per hari sejak bulan Desember hingga saat ini bisa mencapai 48 jadwal per hari" terangnya.

Lebih lanjut, Dwiyana mengatakan, penerapan skema dynamic pricing atau tarif dinamis yang mulai diberlakukan pada bulan Februari dinilai sangat membantu para penumpang untuk membuat rencana perjalanan yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan daya beli.

“Terbukti terdapat peningkatan okupansi sebesar 16 persen pada perjalanan Whoosh yang menerapkan skema dynamic pricing dibandingkan bulan Januari,” katanya.

Dia mengatakan, saat ini penumpang dari mulai mencoba, menyukai, dan akhirnya secara rutin menggunakan layanan Kereta Cepat Whoosh. Efisiensi dan kenyamanan yang ditawarkan menjadi salah satu nilai tambah yang menjadi unggulan Whoosh.

“Beragam inovasi dihadirkan melalui kolaborasi dengan lokasi wisata, layanan Intermoda dengan berbagai operator transportasi, serta penyediaan area komersial,” terang Dwiyana.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Mihardi

Tentang Penulis

Sumber: