Api Sudah Padam, Warga Kembali ke Rumah Usai Ledakan Gudang Peluru Kodam Jaya

Api Sudah Padam, Warga Kembali ke Rumah Usai Ledakan Gudang Peluru Kodam Jaya

Situasi Gudang Peluru Kodam Jaya usai ledakan gudang dipastikan aman dan api sudah padam-(Tuahta Aldo / fin.co.id)-

FIN.CO.ID - Api di Gudang Amunisi Daerah (Gudmurah) Kodam Jaya telah padam, sebagian besar warga yang mengungsi karena terdampak ledakan sudah kembali.

Pangdam Jaya, Mayjen TNI Mohamad Hasan mengungkapkan, sebagian besar warga yang mengungsi telah kembali ke rumahnya masing-masing.

"Pada saat kami tadi tanyakan lagi, sebagian besar sudah kembali ke tempat keluarga masing-masing," ungkap Mohamad Hasan di Lokasi, Minggu 31 Maret 2024.

Menurutnya, posko pengungsian tersebut dibuka berdasarkan inisiatif camat dan lurah setempat guna memberikan rasa aman kepada warganya.

BACA JUGA :

"Jadi sebenarnya tidak terjadi pengungsian, Tetapi ada antisipasi dari Pak Camat dan Lurah untuk merelokasi warga yang dekat dengan titik api ini, yaitu di kelurahan Ciangsana tadi, di dua titik, di masjid dan kantor kelurahan. Itu dievakuasi untuk sampai menunggu dampaknya selesai," jelasnya.

Hingga kini pihaknya masih melakukan pendataan lebih lanjut, terkait rumah-rumah warga sekitar yang rusak imbas ledakan Gudang Peluru Kodam jaya.

"Tadi sudah saya sampaikan saat ini sedang kita data ada beberapa laporan, tapi jumlahnya belum kita pastikan berapa, ada yang atapnya bocor, dan ada beberapa yang mungkin kacanya pecah, kami sedang inventarisir di lapangan," ucapnya.

BACA JUGA :

Sebelumnya, Damkar menetapkan status kebakaran di Gudmurah Kodam Jaya sudah padam usai melewati proses pendinginan yang panjang.

“Proses pendinginan kita selesaikan tadi ditutup sekitar pukul 8.15 WIB, ya, kita nyatakan selesai karena memang titik api yang dari semalam tadi pagi pun sampai masih di angka 85 derajat,” kata Kasi Operasi Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Kota Jaktim, Gatot Sulaeman, kepada wartawan di lokasi.

Sebanyak 140 petugas Damkar diturunkan, tergabung dari Jakarta Selatan 5 unit, Jakarta Timur 8 unit, Kabupaten Bogor 7 unit, serta bantuan Kota Bogor dan Kota Bekasi.

Usai dipastikan telah padam dan situasi gudang aman, Damkar juga menarik 2 unit robot DOK-ING dan LUF 60, yang sebelumnya digunakan untuk pemadaman.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tuahta Aldo

Tentang Penulis

Sumber: