Mengenal Sosok Dajjal yang akan Muncul di Akhir Zaman, Membawa Kehancuran di Muka Bumi

Mengenal Sosok Dajjal yang akan Muncul di Akhir Zaman, Membawa Kehancuran di Muka Bumi

Kehancuran di Muka Bumi, Ilustrasi Dibuat Menggunakan Teknologi AI Copilot--

Tafsir: Ayat ini ditafsirkan oleh beberapa ulama sebagai gambaran tentang fitnah Dajjal, di mana syaitan akan membantu Dajjal dalam menyebarkan fitnah dan keraguan di antara manusia.

2. Surah Al-Kahfi (18:98)

وَإِذْ قَالَ مُوسَى لِقَوْمِهِ يَا قَوْمِ إِنَّكُمْ ظَلَمْتُمْ أَنْفُسَكُمْ بِاتِّخَاذِكُمْ الْعِجْلَ فَتُوبُوا إِلَى رَبِّكُمْ وَاقْتُلُوا أَنْفُسَكُمْ ذَلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ عِنْدَ رَبِّكُمْ فَتَابَ عَلَيْكُمْ إِنَّهُ هُوَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ

Artinya: "Dan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada kaumnya, "Hai kaumku, sesungguhnya kamu telah menganiaya diri kamu sendiri dengan menyembah anak lembu. Maka bertobatlah kepada Penciptamu dan bunuhlah diri-diri kamu. Itulah yang lebih baik bagi kamu pada sisi Penciptamu." Kemudian Allah menerima tobat kamu. Sesungguhnya Dia Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang."

Tafsir: Ayat ini ditafsirkan oleh beberapa ulama sebagai gambaran tentang kesesatan manusia yang mengikuti Dajjal dan menyembahnya.

3. Surah Al-Furqan (25:74)

وَقَالَ الرَّسُولُ يَا رَبِّ إِنَّ قَوْمِي اتَّخَذُوا هَذَا الْقُرْآنَ مَهْجُورًا

Artinya: "Dan berkatalah Rasul, "Ya Rabb, sesungguhnya kaumku telah menjadikan Alquran ini sesuatu yang ditinggalkan."

Tafsir: Ayat ini ditafsirkan oleh beberapa ulama sebagai gambaran tentang kondisi manusia di akhir zaman, di mana mereka akan meninggalkan Alquran dan mengikuti fitnah Dajjal.

Referensi Hadits tentang Dajjal:

Terdapat banyak hadits yang menjelaskan tentang Dajjal, ciri-cirinya, fitnahnya, dan bagaimana cara untuk selamat darinya. Berikut beberapa contoh hadits tersebut:

1. Hadits Riwayat Muslim:

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Dajjal akan keluar di tengah-tengah umatku di akhir zaman."

2. Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim:

Dari Abdullah bin Mas'ud radhiyallahu 'anhu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Dajjal itu buta sebelah matanya, dan di dahinya tertulis 'kafir' yang dapat dibaca oleh setiap orang mukmin, baik yang bisa membaca maupun yang tidak bisa membaca."

3. Hadits Riwayat Ahmad:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: