Jangan Lewatkan! Gerhana Bulan Penumbra Akan Hiasi Langit Malam Indonesia: Ini Jadwal dan Lokasi

Jangan Lewatkan! Gerhana Bulan Penumbra Akan Hiasi Langit Malam Indonesia: Ini Jadwal dan Lokasi

Gerhana Bulan Penumbra--freepik.com

FIN.CO.ID - Fenomena Gerhana Bulan Penumbra akan muncul di beberapa wilayah Indonesia pada Senin, 25 Maret 2024.

Dilansir dari Badan Meteorologi, Klimatolong, dan Geofisika (BMKG) menyebut Gerhana Bulan Penumpra merupakan anggota ke-64 dari 71 anggota pada seri Saros 113. Pada 5 April 2024, diprediksi gerhana bulan yang akan berasosiasi dengan Gerhana Bulan Penumbra dan dapat diamati dari Indonesia.

BMKG menjelaskan Gerhana Bulan Penumpa bakal berlangsung dalam tiga fase. Mereka menyebutkan diantaranya fase ketika gerhana mulai, puncah, dan berakhir.

Menurut laporan BMKG, pengamat yang berada di wilayah Indonesia bagian timur yang dapat mengamati Gerhana Bulan Penumpra pada 25 Maret 2024. Lokasinya di Papua, Papua Barat, dan sebagian Maluku.

BACA JUGA:

Gerhana Bulan Penumbra

Gerhana bulan penumbra merupakan sebuah fenomena astronomis yang terjadi ketika bulan memasuki area penumbra bumi. Penumbra adalah bagian bayangan bumi yang tidak terlalu gelap, sehingga saat gerhana terjadi, bulan tidak sepenuhnya tertutup oleh bayangan bumi dan hanya mengalami sedikit peredupan.

Keistimewaan Gerhana Bulan Penumbra

Lebih Sering Terjadi: Dibandingkan dengan gerhana bulan total, gerhana penumbra lebih sering terjadi karena area penumbra bumi lebih luas.

Durasi Lebih Lama: Gerhana penumbra umumnya berlangsung lebih lama dibandingkan gerhana total.

Aman Diamati dengan Mata Telanjang: Berbeda dengan gerhana matahari, gerhana bulan aman untuk diamati dengan mata telanjang tanpa alat bantu khusus.

Gerhana Bulan Penumbra 25 Maret 2024:

Pada tanggal 25 Maret 2024, gerhana bulan penumbra akan kembali menghiasi langit malam. Puncak gerhana akan terjadi pada pukul 11:51 WIB dan dapat diamati di seluruh wilayah Indonesia.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Ari Nur Cahyo

Tentang Penulis

Sumber: