Jumlah Pemudik Lebaran Meningkat, Jokowi Imbau Masyarakat Mudik Lebih Awal

Jumlah Pemudik Lebaran Meningkat, Jokowi Imbau Masyarakat Mudik Lebih Awal

Pemudik dengan Naik Kereta Api--

FIN.CO.ID- Presiden Jokowi mengatakan puncak arus mudik lebaran 2024 mengalami peningkatan 56 persen atau 190 juta pemudik jika dibandingkan pada tahun sebelumnya.

"Mudik tahun ini adalah mudik yang akan sangat besar sekali, kenaikannya 56 persen dibanding tahun yang lalu. Total yang akan mudik 190 juta pemudik tahun ini kurang lebih, ini dari survei," kata Jokowi, Jumat, 29 Maret 2024.

Oleh karena itu, Jokowi mengimbau masyarakat untuk berangkat lebih awal. Atau memberangkatkan keluarganya terlebih dahulu.

BACA JUGA:

"Oleh sebab itu, saya mengimbau mengajak masyarakat untuk lebih awal. Kalau tidak keluarganya dulu yang diberangkatkan untuk mudik agar mudik kita tahun ini semua berada pada posisi yang nyaman," ujarnya.

"Karena jumlahnya bukan jumlah yang sedikit 190 juta bukan jumlah yang kecil kenaikannya 56 persen," lanjut Jokowi.

Sebelumnya, Korps Lalu Lintas (Korps) Polri memprediksi puncak arus mudik lebaran 2024 akan terjadi pada 5 April 2024.

Sedangkan, puncak arus balik diprediksi jatuh pada Senin 15 April 2024.

"Puncak mudik itu sekitar tanggal 5 ya antara tanggal 5 (April) dan puncak baliknya tanggal 15 (April) itu kita prediksinya seperti itu," kata Direktur Penegakan Hukum (Dirgakkum) Korlantas Polri, Brigjen Raden Slamet Santoso, Kamis, 7 April 2024.

BACA JUGA:

Lebih lanjut, jenderal bintang dua itu mengimbau masyarakat yang hendak mudik agar berhati-hati. 

Dia mengingatkan masyarakat untuk melakukan pengecekan pada kendaraan yang hendak digunakan saat mudik.

"Kemudian untuk kendaraannya menghindar kendaraan rusak mogok dan lain sebagainya juga harus dicek dulu baik itu kendaraannya maupun orangnya," ucapnya.

Lebih jauh, ia mengatakan pihaknya telah menyiapkan tim patroli panduan di sejumlah ruas jalan tol kelancaran arus mudik lebaran 2024 untuk memantau kecepatan pengguna kendaraan roda empat ketika memasuki ruas jalan tol.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: