Gerindra Sebut 95 Persen Politisi Sudah Move On dari Pemilu 2024

Gerindra Sebut 95 Persen Politisi Sudah Move On dari Pemilu 2024

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Habiburokhman--

fin.co.id - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman mengklaim bahwa hampir 95 persen politisi yang dia temui, baik rekan-rekan partai politik, pimpinan partai politik, maupun para politisi di DPR RI sudah move on atau sudah beranjak dari Pemilu 2024.

Dari komunikasi yang dia pahami, para politisi sudah tidak ingin meributkan hal-hal tentang pemilu dan ingin kembali fokus bekerja untuk melayani masyarakat. 

Mereka pun memahami bahwa dalam pemilu harus ada yang kalah dan menang.

"Mereka ngomong, ya sudahlah, hormati kesempatan yang sekarang ini dinyatakan menang," kata Habiburokhman saat ditemui di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis 28 Maret 2024.

BACA JUGA:Kuasa Hukum Timnas AMIN Sebut Jokowi Ikut Campur Tangan di Pemilu 2024

Selain itu, dia menilai kini wacana hak angket pun sudah semakin mustahil untuk diajukan di DPR. 

Selain perlu adanya serangkaian mekanisme yang dilakukan, substansi hak angketnya pun semakin melemah.

"Hampir nggak mungkinlah, kemungkinannya hanya 3 persen dari 100 gitu, bukan 11 dari 100 ya, 3 persen," kata Wakil Ketua Komisi III DPR RI itu.

Dia mengatakan pengajuan hak angket perlu ditempuh melalui Badan Musyawarah dan juga rapat paripurna. Dalam proses itu pun harus ada pihak yang menjadi inisiator.

BACA JUGA:Singgung 'Gentong Babi', Feri Amsari Minta MK Ungkap Kecurangan Pemilu 2024

"Kan sekarang hanya tinggal beberapa hari ini masa sidang, jarang sekali kita melakukan kegiatan penting di masa reses, hampir nggak pernah," katanya.

Jika ingin memperbaiki sistem pemilu, menurutnya, ada waktu selama lima tahun ke depan. Perbaikan itu bisa dilakukan dengan cara revisi undang-undang di DPR atau melalui uji materi di Mahkamah Konstitusi.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: