INACA Angkat Suara Soal Naiknya Harga Tiket Pesawat Jelang Lebaran 2024

INACA Angkat Suara Soal Naiknya Harga Tiket Pesawat Jelang Lebaran 2024

Ilustrasi penumpang di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.-Issak Ramdhani-fin.co.id

fin.co.id - Jelang Hari Raya Lebaran 2024 atau Idulfitri 1445 H, harga tiket pesawat untuk mudik mulai mengalami kenaikan harga. 

Kepala Data dan Publikasi asosiasi Maskapai Penerbangan Indonesia (INACA) Gatot Raharjo, dalam wawancara dengan disway grup mengatakan bahwa harga tiket pesawat domestik dan internasional ini masih menyesuaikan dengan tarif batas atas (TBA) yang ditentukan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Lebih lanjut menurut Gatot, harga tiket pesawat tidak seperti harga barang biasa. Harga tiket pesawat, jelas Gatot, ditentukan dengan menggunakan batas bawah dan batas atas yang ditentukan oleh pemerintah.

"Umpamanya tiket Jakarta-Surabaya, itu batas bawahnya itu misalnya 500 ribu, batas atasnya mungkin bisa sampai Rp. 1.500.000, nah maskapai itu bisa menjual antara 500-1.500.000. Biasanya itu maskapai biasa menjual di tengah-tengah, jadi sekitar 750 ribu gitu. Nah, kalo lagi gak banyak yang terbang ya di bawah 500 ribu. Tapi gak boleh menjual lebih rendah dari harga batas bawah itu, harga lebih dari batas atas juga gak boleh," Jelas Gatot dalam wawancara yang dilakukan pada Selasa 26 Maret 2024.

BACA JUGA:Cara Dapat Tiket Pesawat Murah untuk Traveling atau Mudik Lebaran

Gatot menjelaskan bahwa ketika memasuki musim ramai atau peak season seperti menjelang Hari Raya Idulfitri seperti ini, maskapai akan menjual tiket pesawat dengan menggunakan harga di batas atas.

"Jadi sebenarnya kenaikan itu gak ada, karena harga itu udah ditentukan oleh pemerintah," ujar Gatot.

Gatot mengatakan, bahwa dalam rapat dengan Kementerian Perhubungan beberapa waktu lalu, sudah ada tanda-tanda peningkatan pemesanan tiket pesawat.

"Kenaikan yang paling banyak untuk sebelum Lebaran itu tanggal 6 April, dan setelah lebaran paling banyak itu tanggal 14 April. Jadi kemungkinan arus mudiknya itu tanggal 6 April," jelas Gatot menutup wawancara dengan Disway Grup.

BACA JUGA:Tito Karnavian Ingatkan Maskapai Tidak Jual Tiket Pesawat Mahal Selama Mudik Lebaran

Dari beberapa aplikasi pembelian tiket online mulai ada lonjakan harga tiket yang signifikan pada beberapa rute penerbangan favorit. 

Untuk rute favorit seperti Jakarta - Bali dan Jakarta - Yogyakarta mengalami lonjakan kenaikan yang signifikan.

Dari data penjualan tiket online pada Selasa (26/03), harga tiket pesawat hari ini berkisar antara Rp800 ribu hingga Rp2 juta jelang Hari Raya Lebaran. 

Diketahui, mulai adanya kenaikan tiket pesawat ini diperkuat oleh pernyataan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang mengatakan harga tiket pesawat jelang masa mudik Lebaran 2024 mulai mengalami kenaikan mendekati tarif batas atas.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: