13 TNI Aniaya Anggota KKB Defianus Kogoya, Pangdam Cenderawasih: Rakyat Papua Tetap Percaya NKRI

13 TNI Aniaya Anggota KKB Defianus Kogoya, Pangdam Cenderawasih: Rakyat Papua Tetap Percaya NKRI

Tangkapan layar video: Oknum TNI aniaya anggota KKB Papua hingga tewas--

FIN.CO.ID - Viralnya aksi penganiayaan 13 anggota TNI terhadap Defianus Kogoya, anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua. 

Meski aksi tersebut viral, namun TNI yakin bahwa rakyat Papua tetap akan cinta dan mendukung NKRI.

Panglima Kodam (Pangdam) XVII/Cenderawasih Mayjen Izak Pangemanan mengaku optimis kejadian penganiayaan yang dilakukan oknum prajurit TNI terhadap anggota KKB tak membuat kepercayaan masyarakat Papua kepada NKRI menurun.

"Terkait bagaimana merebut kembali (kepercayaan masyarakat), tidak ada yang hilang! Kepercayaan masyarakat Papua kepada NKRI tetap,” katanya kepada wartawan, Selasa, 26 Maret 2024.

Izak berjanji kasus ini akan diusut secara tuntas dan akan menindak tegas sejumlah oknum prajuritnya tersebut.

BACA JUGA:

"Kita akan usut tuntas permasalahan ini, apapun yang terjadi di sana akan menjadi bahan untuk proses hukum nanti. Tidak ada satupun yang akan lolos dari kasus ini, semua yang terlibat akan dihukum sesuai aturan yang berlaku," ungkapnya.

13 Oknum TNI Jadi Tersangka

Polisi Militer AD (Pomad) bersama Pomdam Siliwangi bakal mengusut kasus penganiayaan anggota KKB di Papua. 

Hal itu langsung diperintahkan oleh Kepala Staff Angkatan Darat Jenderal Maruli Simanjuntak kepada Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat (Kadispenad), Brigjen Kristomei.

"Bapak KSAD (Jenderal Maruli Simanjuntak) sudah memerintahkan Polisi Militer AD dibantu Pomdam Siliwangi untuk melakukan investigasi tentang keterkaitan oknum-oknum prajurit TNI yang terlibat langsung dalam tindakan kekerasan ini," ujar Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat (Kadispenad), Brigjen Kristomei Sianturi dalam jumpa pers di Subden Denma Mabes TNI, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin, 25 Maret 2024.

Kristomei menegaskan nantinya 13 prajuritnya yang diduga terlibat penganiayaan warga Papua Definus Kogoya yang diidentifikasi sebagai Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) ini akan menjadi tersangka.

BACA JUGA:

Kristomei menjelaskan saat ini ke-13 oknum prajurit tersebut telah dilakukan penahanan sementara di instalasi tahan militer maximum security yang ada di pomdam 3 siliwangi. 

"Dari Pangdam Cendrawasih sudah mengeluarkan surat perintah penahanan sementara dan nanti oknum prajurit tni yonif 13 raider ini akan ditahan di instalasi tahan militer maximum security yang ada di Pomdam 3 Siliwangi," ungkapnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: