Hasto akui Kader PDIP Banyak Kehilangan Suara Karena Kritik Jokowi

Hasto akui Kader PDIP Banyak Kehilangan Suara Karena Kritik Jokowi

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto (tengah) menjawab pertanyaan wartawan usai pertemuan di Gedung High End, Jakarta, Kamis (15/2/2024). -ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha-

FIN.CO.ID- Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengakui bahwa kader PDIP banyak yang kehilangan suara di Pemilu 2024 lantara kerap mengkritik Presiden Jokowi. 

Namun begitu, Hasto mengatakan partainya akan berjuang membela kader-kadernya yang kritis. 

"Secara empiris memang itu betul. Tetapi harus dibuktikan, dan kami akan berjuang untuk membela kader-kader kami yang selama ini kritis dalam menjalankan tugas demokrasinya," tegas Hasto kepada awak media di Media Centre TPN Ganjar-Mahfud, Jakarta Pusat pada Kamis 21 Maret 2024.

BACA JUGA:

Caleg kritis yang dimaksud tersebut seperti Ribka Tjiptaning di Dapil 4 DPR, Masinton Pasaribu di Dapil Jakarta 2, dan juga termasuk Endah Subekti Ketua DPC PDIP Gunung Kidul.

Lebih lanjut. Hasto memberikan gambaran ketika Presiden Jokowi ingin melakukan kunjungan kerja ke Yogyakarta. Tiba-tiba ada operasi dari aparat yang menurunkan bendera PDIP.

"Termasuk Ibu Endah Ketua DPC PDI Perjuangan di Gunung Kidul. Saat pemilu 2019 dia suara banyak. Tiba-tiba ada operasi yang dilakukan secara sistematik hanya karena beliau melakukan keberanian dalam menentang upaya menurunkan bendera-bendera PDI Perjuangan ketika Presiden Jokowi datang ke Gunung Kidul," ungkap Hasto.

BACA JUGA:

Dari gambaran tersebut, Pria Alumnus Universitas Gajah Mada (UGM) itu menilai, bahwa ada upaya-upaya operasi politik untuk menyingkirkan para kader PDIP yang kritis.

Hasto menyebut, jika di DPR tidak ada orang yang kritis, maka di Senayan nanti hanya akan diisi oleh mereka-mereka yang sekedar tunduk kepada kekuatan intimidasi.

"Nantinya bisa bergeser semakin represif yaitu bahaya bagi demokrasi kita," tukasnya.(Chandra Pratama) 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: