8 Manfaat Sereh Untuk Kesehatan, Turunkan Tekanan Gula Darah Hingga Jaga Kadar Kolestrol

8 Manfaat Sereh Untuk Kesehatan, Turunkan Tekanan Gula Darah Hingga Jaga Kadar Kolestrol

Bagian dari daun sereh yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh ialah batang dan sedikit bagian helai daunnya.-FOTO/PIXABAY-COM-pixabay

BACA JUGA:8 Manfaat Daun Sirih yang Baik untuk Kesehatan

Berikut ini berbagai kandungan dalam sereh, tak heran jika tanaman ini dipercaya menyimpan ragam manfaat untuk kesehatan, seperti antara lain.

1. Menurunkan Tekanan Darah

Tanaman sereh ini ternyata juga bisa menurunkan tekanan darah dengan cara sifat diureti pada sereh ini mampu membuang kelebihan garam dan air pada tubuh melalui urine.

Salah satu penyebab hipertensi ialah kelebihan garam pada tubuh, maka dengan cara ini tekanan darah akan menurun seiring dengan menurunnya kadar garam di dalam tubuh.

2. Menurunkan Kadar Gula Darah

BACA JUGA:Segudang Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Ternyata tanaman sereh ini juga bisa menurunkan kadar gula darah dengan cara yaitu dengan mengeluarkan racun pada pankreas dan meningkatkan kerja pankreas.

Penyebab terjadinya diabetes ini akibat ketidakmampuan pankreas memproduksi insulin yang dibutuhkan tubuh, sehingga terjadi lonjakan kadar gula darah.

3. Menjaga Kadar Kolesterol

Khasiat dari sereh ini juga mampu menjaga kadar kolesterol dengan sebuah penelitian membuktikan bahwa tanaman sereh bisa menaikkan kadar kolesterol baik dan mencegah penyerapan kolesterol jahat.

Walaupun bisa membantu mencegah lonjakan kolesterol jahat, namun tetap harus diuji kembali efektivitas dari daun sereh pada pasien yang memiliki kolesterol tinggi.

BACA JUGA:10 Manfaat Daun Kelor yang Tidak Disadari Banyak Orang, Salah Satunya Menurunkan Darah Tinggi

4. Mengatasi Depresi

Sereh mempunyai sifat antidepresan yang bisa menurunkan berbagai gejala depresi seperti cemas, stres dan gangguan tidur atau insomnia.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Aulia Yesella

Tentang Penulis

Sumber: