Rekrutmen CASN, Sarjana Fresh Graduate Jadi Prioritas

Rekrutmen CASN, Sarjana Fresh Graduate Jadi Prioritas

Rekrutmen CPNS 2024 resmi dibuka sebanyak 2,3 juta posisi, simak rincian formasi CASN!--indonesia.go.id

FIN.CO.ID - Sarjana lulusan baru atau fresh graduate jadi prioritas dalam rekrutmen calon aparatur sipil negara (CASN) 2024. Lebih khusus mereka yang memiliki kemampuan digital.

Ada beberapa prioritas SDM untuk memenuhi kebutuhan CASN 2024. Rekrutmen fresh graduate yang memiliki kemampuan teknologi digital ini dilakukan melalui seleksi CPNS.

“Pada tahun ini pemerintah membuka ruang untuk fresh graduate yang lebih besar dibanding tahun sebelumnya. Hal ini karena tahun ini jumlah rekrutmen CPNS-nya relatif lebih besar dibanding sebelumnya," ujar MenPANRB Abdullah Azwar, Minggu, 17 Maret 2024.

Selain itu, pemerintah juga tetap berkomitmen menuntaskan penataan honorer. Menurutnya, pemerintah menyiapkan ASN talenta digital dari kalangan fresh graduate, yang akan menjadi akselerator mesin birokrasi dan pelayanan publik. 

Arah kebijakan rekrutmen ASN talenta digital didesain berdampak mengakselerasi ekonomi lokal dan nasional.

BACA JUGA:

Mulai dari digitalisasi sektor pertanian, perindustrian, pariwisata. Kemudian, produksi UMKM, perdagangan, dan sebagainya. 

"Sehingga talenta digital yang akan direkrut bukan hanya pada sektor hilir. Seperti digital marketing, tetapi juga di sektor hulu di lini produksi. Seperti pertanian dengan e-farming untuk melipatgandakan nilai tambah ekonomi lokal dan nasional,” terangnya.

Kementerian PANRB telah menerima usulan kebutuhan ASN dari berbagai instansi pusat dan daerah sebesar 1,38 juta dan telah ditetapkan formasinya sebanyak 1,28 juta. 

Jumlah ini untuk memenuhi kebutuhan ASN secara nasional yang tercatat sebanyak 2,3 juta secara bertahap. 

Diketahui, akan dilakukan 2 seleksi CASN 2024, yaitu CPNS yang bisa dilamar oleh fresh graduate dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). 

Ini diperuntukkan bagi tenaga non-ASN dan eks THK-2 yang telah masuk basis data Badan Kepegawaian Negara (BKN). 

BACA JUGA:

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: