Catat Tanggalnya, Rekrutmen CASN 2024 Dilaksanakan Lebih dari Satu Kali

Catat Tanggalnya, Rekrutmen CASN 2024 Dilaksanakan Lebih dari Satu Kali

Rekrutmen CPNS 2024 resmi dibuka sebanyak 2,3 juta posisi, simak rincian formasi CASN!--indonesia.go.id

fin.co.id - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas mengatakan, rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2024 dapat berlangsung lebih dari satu kali dalam satu tahun.

Menurut Anas, hal itu dilakukan sebagai bentuk fleksibilitas penataan ASN yang diamanatkan dalam UU Nomor 20 Tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Jadi, memang UU ASN yang baru kan memberi ruang yang terbuka dan memudahkan pemerintah dari pusat sampai daerah dalam mengatur rekrutmen. Tidak terpaku pada pola tertentu, agar organisasi bisa berjalan dinamis," kata Anas di Jakarta, Jumat.

Anas mencontohkan pada institusi swasta maupun BUMN yang dinamis, rekrutmen tidak harus menunggu siklus tahunan, melainkan menyesuaikan dengan kebutuhan organisasi.

BACA JUGA:Link Pendaftaran CPNS 2024 sscasn.bkn.go.id, Catat Syarat Dokumennya

Jika harus menunggu siklus tahunan, organisasi akan kesulitan menyesuaikan diri dengan tantangan yang sangat dinamis.

Kemudian untuk tahun 2024, rekrutmen berpotensi dijalankan lebih dari satu kali, sebagaimana yang diumumkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal rekrutmen sebanyak 2,3 juta orang.

Mengenai jadwal pelaksanaan seleksi akan segera diumumkan pemerintah usai melakukan pembahasan teknis dengan seluruh instansi.

Untuk tahap pertama pelaksanaan rekrutmen ASN 2024 yang terdiri atas seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dilaksanakan pada bulan Mei 2024.

BACA JUGA:Menpan RB Bahas Rekrutmen CASN 2024, Ini Posisi yang Diprioritaskan

"Untuk tahap pertama diharapkan semua kementerian, lembaga, dan pemda dapat memasukkan data dalam platform digital yang disiapkan BKN," ujar Anas.

Saat ini, Kementerian PANRB dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) sedang bergerak cepat untuk membahas pelaksanaan pengadaan ASN tahun 2024.

"Minggu ini Tim Kementerian PANRB dan BKN intens melakukan pertemuan terutama dengan seluruh kementerian, lembaga, dan pemda, termasuk dengan para pengelola kepegawaian," ujarnya.

Kementerian PANRB juga mendorong instansi pemerintah di pusat dan daerah memanfaatkan alokasi formasi secara baik sehingga reformasi birokrasi berdampak dapat benar-benar terwujud. Konsolidasi usulan instansi pemerintah ditargetkan selesai pada Januari 2024.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: