Menu Takjil Hemat dan Menggugah Selera untuk Berbuka Puasa

Menu Takjil Hemat dan Menggugah Selera untuk Berbuka Puasa

Aksi berbagi takjil di bulan Ramadan. Sumber foto: disway--

FIN.CO.IDMenu takjil hemat berikut ini mungkin bisa menjadi referensi kamu untuk santapan saat berbuka puasa. Atau bisa juga untuk kegiatan berbagi. Ya, biasanya selama bulan Ramadan, banyak dari kita yang membagikan takjil secara cuma-cuma.

Aksi positif ini umumnya dilakukan di masjid, pinggir jalan, dan area perumahan.  Tak perlu berpanjang lebar lagi, langsung simak saja menu takjil hemat yang dimaksud:

BACA JUGA:

1. Sop Buah

Sop buah dibuat sesuai selera. Kamu bisa menambahkan nata de coco, potongan semangka, cincau hitam, dan biji selasih. Untuk kuah segar dan manis, kamu bisa mencampurkan susu kental manis dan gula.

2. Es Degan

Menu takjil hemat selanjutnya adalah es degan. Cara membuat es ini cukup mudah. Bahan utama yaitu air degan, potongan kelapa muda, dan gula. Semua bahan tersebut dicampur merata dan ditambahkan es. Biasanya minuman dimasukkan ke dalam wadah plastik.

3. Bubur Sumsum

Bubur sumsum terbuat dari tepung ketan dan santan. Sementara kuahnya menggunakan gula. Bubur sumsum bisa disantap selagi hangat atau dingin.

4. Es Kacang Hijau

Es kacang hijau banyak ditemukan di beberapa daerah. Bahan utamanya adalah santan, pandan, potongan roti tawar, es serut, dan kacang hijau rebus.

5. Kolak Ubi

Bahan utama kolak ubi adalah ubi jalar rebus yang dipotong kotak. Sementara kuahnya menggunakan santan, gula merah, dan daun pandan. Kamu bisa menambahkan potongan buah nangka dan es batu.

6. Es Teh Manis

Minuman berikutnya adalah es teh manis. Kamu bisa menambahkan es untuk diminum dingin atau diminum hangat. Cara membuat es teh cukup mudah, pertama seduh air panas, siapkan wadah, tambahkan teh celup, gula, dan masukkan air panas. Kemudian aduk merata.

7. Es Cincau

Membuat es cincau cukup mudah. Sediakan air, gula merah cair, dan es batu. Tambahkan potongan cincau hitam ke dalam minuman. Masukkan es bagi yang suka dingin.

Cincau memiliki tekstur kenyal dan memberikan sensasi segar ketika dikombinasikan dengan es batu dan sirup gula. Cincau dianggap memiliki manfaat kesehatan karena kandungan seratnya yang tinggi dan dapat membantu pencernaan.

8. Tahu Isi Goreng

Isian dalam tahu umumnya tauge, potongan daun bawang, dan wortel. Cara membuatnya, pertama sayat bagian tengah tahu, buang bagian dalam tahu lalu ganti dengan sayuran. Kemudian goreng sampai warnanya kecoklatan.

9. Salad Buah

Salad buah termasuk menu takjil kekinian. Bahan salad antara lain potongan buah, jelly, yogurt, dan keju. Kamu bisa menambahkan potongan buah anggur atau strawberry sebagai topping.

10. Kue Basah 

Pukis, dadar gulung, dan nagasari bisa jadi pilihan menu takjil. Jenis kue basah lainnya yaitu bolu kukus, bingka, dan bika ambon. Kamu bisa membeli jajanan kue basah di pasar atau memesan ke toko kue.

11. Bolu Kukus

Bolu kukus memang cocok untuk dibagikan bersama kurma dan segelas air mineral.

12. Es Timun Melon

Pasti kamu setuju kalau buka puasa akan semakin nikmat jika diawali dengan minuman dingin dan segar. Es timun melon bisa jadi pilihan yang tepat, apalagi cara membuatnya gampang.

13. Risoles

Risoles adalah makanan dari kulit lumpia tipis yang biasanya diisi dengan campuran daging cincang, wortel, rebung, dan bumbu-bumbu rempah. Namun, sekarang ada varian risoles yang diisi dengan mayones, keju, dan daging ayam atau sapi. Hidangan ini biasa disebut risoles mayo.

14. Kue Soes

Kue Soes dikenal dengan nama cream puff atau choux pastry yang terbuat dari adonan tepung terigu, telur, gula, mentega, dan air. Adonan ini kemudian dipanggang hingga mengembang dan berongga di dalamnya. Isian kue soes biasanya krim, selai, atau cokelat.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Eko Nugros

Tentang Penulis

Sumber: