Mudik Gratis Kapal Laut Kemenhub 2024 Tersedia 47.194 Kuota, Ini Daftar Rutenya

Mudik Gratis Kapal Laut Kemenhub 2024 Tersedia 47.194 Kuota, Ini Daftar Rutenya

Ilustrasi - Mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut yang diselenggarakan Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan-Humas Ditjen Hubla-Ditjen Hubla Kemenhub

FIN.CO.ID- Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menyelenggarakan Program Mudik Gratis menggunakan kapal dari berbagai pelabuhan pemberangkatan di seluruh wilayah Indonesia. 

Kegiatan ini untuk mendukung program pemerintah untuk memberikan pelayanan transportasi laut yang aman, nyaman, tertib, lancar, dan terjangkau. 

Tiket gratis penumpang kapal laut ini hasil koordinasi dengan PT. Pelni dan 3 operator swasta yakni PT. Dharma Indah, PT. Dharma Lautan Utaman, dan PT. Pelayaran Sakti Inti Makmur.

Program ini nantinya akan melayani 47 ruas dengan jumlah keberangkatan arus mudik dan balik sebanyak 91 perjalanan. 

Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Capt. Antoni Arif Priadi menyatakan pogram ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada seluruh masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik pada masa libur lebaran tahun 2024. 

BACA JUGA:

"Rencananya, program akan dilaksanakan mulai tanggal 25 Maret hingga 9 April 2024 untuk arus mudik dan tanggal 12 hingga 25 April 2024 untuk arus balik," ujarnya dalam keterangannya pada Kamis, 14 Maret 2024.

Syarat yang wajib dipenuhi calon peserta mudik gratis dengan kapal laut, adalah: 

- Wajib membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP)

-Dilarang membawa benda berbahaya dan minuman keras. 

Nantinya peserta menghubungi operator kapal dan penumpang yang berangkat harus sesuai dengan KTP yang dimiliki. Program ini berlaku untuk kategori kelas ekonomi. 

"Jumlah total kuota tiket gratis penumpang kapal laut pada masa angkutan lebaran tahun 2024 sebanyak 47.194," ujar Capt. Antoni. 

BACA JUGA:

Berikut daftar ruas yang memiliki kuota tiket gratis: 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: