Jika Donald Trump Jadi Presiden NATO Siap Ditinggal AS

Jika Donald Trump Jadi Presiden NATO Siap Ditinggal AS

Donald Trump--

FIN.CO.ID - Donald Trump diprediksi akan memenangi pemilihan presiden AS pada November 2024 mendatang. Sejumlah negara Eropa sudah siap jika AS keluar dari Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

Pada Februari, Trump mengatakan seorang pemimpin negara anggota NATO bertanya kepadanya apakah AS akan melindungi sekutu-sekutunya di NATO dari serangan Rusia jika mereka tidak memenuhi kewajiban menanggung belanja pertahanan.

Trump menjawab bahwa AS tidak akan membela sekutunya di NATO yang abai dan akan mendorong Rusia untuk melakukan apa pun yang mereka mau.

Dia menambahkan bahwa setiap anggota harus membayar lebih banyak kepada pakta pertahanan itu.

Trump juga mengungkapkan ketidakpuasannya atas kinerja NATO dan mengancam menarik AS keluar dari pakta itu jika sekutu-sekutunya di Eropa tidak menanggung kewajiban finansial yang lebih besar untuk jaminan keamanan mereka sendiri.

BACA JUGA:

Seperti dilansir Telegraph, Seorang diplomat Eropa mengatakan kepada bahwa pernyataan Trump tentang keanggotaan AS di NATO itu tentu saja menimbulkan keprihatinan.

"Tak seorang pun tahu apa yang akan terjadi nanti," kata sang diplomat seperti dikutip surat kabar itu.

Seorang diplomat lain dari negara Eropa anggota NATO mengatakan bahwa kata-kata Trump semakin menyorot ketergantungan Eropa yang berlebihan terhadap AS.

Negara-negara NATO seharusnya juga membahas bagaimana melindungi diri mereka sendiri jika AS benar-benar keluar dari NATO, kata diplomat itu.

Diplomat ketiga mengatakan bahwa ketidakjelasan soal keanggotaan AS itu di NATO akan membuat negara-negara Eropa lebih memikirkan soal anggaran pertahanan.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: