Resmi! Swedia Jadi Anggota ke-32 NATO

Resmi! Swedia Jadi Anggota ke-32 NATO

Swedia Jadi Anggota ke-32 NATO-fin/diolah-

FIN.CO.ID - Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) punya anggota baru. Yaitu Swedia. Negara ini resmi menjadi anggota ke-32 setelah Amerika Serikat menerima instrumen aksesi pada Jumat, 8 Maret 2024.

Aksesi tersebut akhirnya diterima setelah dua tahun Swedia mengajukan diri untuk bergabung dengan aliansi militer itu setelah meletusnya perang Rusia di Ukraina pada Februari 2022.

"Hal baik datang kepada mereka yang bersaba. Ini adalah momen bersejarah bagi Swedia. Ini sejarah bagi aliansi kami. Ini sejarah bagi hubungan trans-atlantik. Aliansi NATO kami, atau aliansi pertahanan saat ini lebih kuat dan besar dari sebelumnya," ujar Menlu AS Antony Blinken.

Rusia, lanjutnya, akan terus menjadi ancaman serius atas keamanan Atlantik Eropa untuk masa mendatang. “Karena ini Swedia mengajukan permohonan untuk bergabung dengan NATO,” imbuhnya.

BACA JUGA:

Swedia dan Finlandia mengajukan permohonan bergabung dengan NATO pada Mei 2022, meninggalkan kebijakan non-blok yang sudah lama ada. Keputusan ini dipicu perang Rusia melawan Ukraina.

Swedia menyelesaikan prosedur keanggotaannya setelah Hongaria menjadi anggota NATO terakhir yang meratifikasi keanggotaan negara tersebut pekan lalu.

Bendera Swedia akan dikibarkan bersama dengan 31 anggota lainnya pada upacara Senin di kantor pusat NATO di Brussels untuk menandai aksesi tersebut.

BACA JUGA:

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: