NATO Buka Pelatihan untuk Tentara Ukraina

NATO Buka Pelatihan untuk Tentara Ukraina

Amerika ajukan biaya tambahan, untuk Ukraina dalam perang Rusia-Ukraina Foto : CNN Indonesia --

FIN.CO.ID - Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) berencana membuka pusat pelatihan baru untuk pasukan bersenjata Ukraina guna melengkapi misi pelatihan Uni Eropa. 

Ini sekaligus membantu Kiev memenuhi standar aliansi tersebut. Tujuan inisiatif baru tersebut tidak hanya memperkuat kesiapan militer Ukraina. Namun untuk melatih pasukan Ukraina itu dalam strategi dan manajemen administrasi pertahanan.

Pimpinan pertahanan NATO saat ini sedang meresmikan rincian pelatihan di sela-sela pertemuannya di Brussels.

Inisiatif tersebut kemungkinan akan menerima persetujuan akhir pada KTT NATO yang berlangsung di Washington pada Juli mendatang.

BACA JUGA:

Para menteri pertahanan musti memutuskan apakah pusat pelatihan tersebut nantinya akan dibiayai melalui akun umum NATO atau dana anggaran dan apakah harus melibatkan instruktur yang ditempatkan di pangkalan baru tersebut atau personel dari negara anggota NATO untuk jangka waktu yang lebih singkat.

Negara-negara Barat, termasuk negara-negara anggota Uni Eropa, telah memberikan bantuan militer dan finansial kepada Kiev sejak operasi militer khusus Rusia di Ukraina pada Februari 2022.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa ekspansi NATO yang mencakup Ukraina menimbulkan ancaman keamanan langsung bagi Rusia dan Moskow menganggap status non-blok Ukraina sangat penting.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: