Dipecat Jokowi, Anggota DPD Asal Bali Raup Suara Terbanyak Kedua di Pemilu 2024

Dipecat Jokowi, Anggota DPD Asal Bali Raup Suara Terbanyak Kedua di Pemilu 2024

Senator Bali Arya Wedakarna--instagram pribadi

FIN.Co.IDArya Wedakarna, anggota DPD asal Bali yang terpilih kembali memperoleh suara terbanyak kedua setelah Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra yang mendapatkan 494.698 suara. Arya merupakan anggota DPD yang dipecat oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Berdasarkan penjelasan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bali, Arya Wedakarna meraih 378.300 suara.

BACA JUGA:

"Dengan demikian, bisa diterima dan disahkan rekapitulasi hasil penghitungan suara untuk Pemilu Anggota DPD RI Daerah Pemilihan Bali. Bismillah sah," kata Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari pada Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Tingkat Nasional KPU RI di Jakarta, Minggu 10 Maret 2024. 

Pada Pemilu Anggota DPD di Bali, Ketua KPU Provinsi Bali I Dewa Agung Gede Lidartawan menyebutkan, sebanyak 2.728.900 orang yang menggunakan hak pilihnya. Pada pemilu anggota legislatif ini surat suara sah dan surat suara tidak sah pun berjumlah 2.728.900.

"Cocok, ya, surat suara yang digunakan 2.728.900, sama ya. Dengan demikian, bisa diterima?" kata Hasyim.

Dalam Pemilu Anggota DPD di Dapil Provinsi Bali, Arya Wedakarna berada pada nomor urut 17 di surat suara. Caleg tersebut tertera dengan nama Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna Mahendradatta Wedasteraputra Suyasa.

Sekadar diketahui, Presiden Joko Widodo telah menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) tentang Peresmian Pemberhentian Antarwaktu Arya Wedakarna (AWK) sebagai Anggota DPD RI Masa Jabatan Tahun 2019—2024 dari Daerah Pemilihan Provinsi Bali dan sebagai Anggota MPR Masa Jabatan Tahun 2019—2024.

 Menurut Koordinator Staf Khusus Presiden RI Ari Dwipayana, Keppres itu ditandatangani oleh Presiden Jokowi pada 22 Februari 2024.

“Keppres tersebut diterbitkan menindaklanjuti Surat Ketua DPD RI dengan Surat Nomor AD.04.00/96/DPDRI/II/2024 tanggal 6 Februari 2024," katanya melalui pesan singkat, Kamis 29 Februari 2024.

Arya Wedakarna (AWK) menjadi sorotan publik setelah video siaran langsungnya tersebar luas. Dalam video tersebut, AWK meminta agar staf penyambut tamu atau frontliner di Bandara Ngurah Rai merupakan putra/putri asli Bali, tidak menggunakan penutup kepala.

BACA JUGA:

Hal itu diungkapkan AWK saat mengadakan rapat bersama Komite 1 DPD RI bersama jajaran Bandara Ngurah Rai, Kantor Wilayah Bea Cukai Ngurah Rai, serta instansi lainnya di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Jumat 29 Desember 2023.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Mihardi

Tentang Penulis

Sumber: