Pengaruh Budaya Populer Terhadap Kepribadian Remaja di Indonesia

Pengaruh Budaya Populer Terhadap Kepribadian Remaja di Indonesia

Pengaruh Budaya Populer Terhadap Kepribadian Remaja di Indonesia-FIN/FREEPIK-

FIN.CO.IDBudaya populer merupakan suatu fenomena yang mempengaruhi kehidupan masyarakat, baik itu dalam hal pendidikan, keagamaan, ataupun gaya hidup. Di Indonesia, budaya populer telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat, baik itu dalam bentuk budaya domestik ataupun budaya impor.

BACA JUGA:

Salah satu contohnya adalah budaya K-Pop dari Korea, yang telah menjadi fenomena yang sangat populer di Indonesia. Pengaruh budaya K-Pop di media sosial terhadap perilaku keagamaan remaja di Indonesia adalah sebuah penelitian yang dilakukan oleh Siti Aisyah dari Universitas Islam Negeri Jakarta.

Dalam penelitian ini, diperhatikan bagaimana budaya K-Pop mempengaruhi remaja dalam hal pengamalan ibadah mereka yang menyukai K-Pop. Penelitian ini menunjukkan bahwa budaya K-Pop memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku keagamaan remaja di Indonesia.

Budaya populer yang lain, seperti budaya digital, juga mempengaruhi kehidupan remaja di Indonesia. Budaya digital yang merupakan bagian dari budaya populer ini mempengaruhi generasi milenial menjadikannya lebih konsumtif dibandingkan generasi sebelumnya.

Internet yang sangat melekat dalam kehidupan generasi milenial membuat karakter konsumtif terbentuk, bukan hanya untuk komunikasi atau mengonsumsi konten tapi juga melakukan transaksi.Budaya populer juga mempengaruhi pendidikan remaja di Indonesia.

BACA JUGA:

Budaya populer yang mudah dipahami dan dibeli dengan mudah akan mempengaruhi perilaku konsumen, termasuk dalam hal pendidikan. Budaya populer yang berkembang yang merupakan hasil dari sebuah dampak proses globalisasi akan mempengaruhi cara belajar dan mengaplikasikan ilmu yang diperoleh remaja.

Kesimpulannya, budaya populer mempengaruhi kehidupan remaja di Indonesia dalam berbagai aspek, termasuk dalam hal keagamaan, gaya hidup, dan pendidikan. Budaya populer yang mudah dipahami dan dibeli dengan mudah akan mempengaruhi perilaku konsumen, termasuk dalam hal pendidikan. Penelitian dan pengkajian terhadap budaya populer di Indonesia akan membantu mengubah budaya dan mengembangkan kemahiran yang lebih baik di masyarakat.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Mega Oktaviana

Tentang Penulis

Sumber: