Optimalkan Pelayanan Publik, Kemenkumham Babel Buka Layanan Imigrasi Corner

Optimalkan Pelayanan Publik, Kemenkumham Babel Buka Layanan Imigrasi Corner

Direktur Kerja Sama Keimigrasian Direktorat Jenderal Imigrasi Anggiat Napitupulu ketika meninjau Imigrasi Corner, Jumat 8 Maret 2024.-FIN/Antara-

FIN.CO.ID - Kantor Wilayah (Kanwil) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membuka inovasi layanan Imigrasi Corner di Manggar Kabupaten Belitung Timur. Layanan itu untuk mengoptimalkan pelayanan keimigrasian kepada masyarakat. 

"Saya berharap inovasi ini dapat meningkatkan kualitas pelayanan keimigrasian kepada masyarakat," kata Direktur Kerja Sama Keimigrasian Direktorat Jenderal Imigrasi Anggiat Napitupulu, Jumat 8 Maret 2024.

BACA JUGA:

Dia mengatakan, layanan Imigrasi Corner merupakan hasil kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Belitung Timur dan Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Bangka Belitung serta Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjungpandan.

"Melalui Imigrasi Corner ini tentunya masyarakat mendapatkan informasi terkait keimigrasian, sehingga dapat dilakukan pencegahan pada tindakan yang tidak diinginkan, dan juga sebagai wadah pengaduan terkait keimigrasian," tuturnya.

Bupati Belitung Timur yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Mathur Noviansyah mengatakan, Pemkab Belitung Timur berkomitmen meningkatkan pelayanan publik untuk masyarakat.

"Saya meminta seluruh perangkat daerah yang hadir untuk turut menjaga dan melaksanakan layanan Imigrasi Corner agar tetap dilaksanakan dalam waktu jangka panjang ke depannya," imbuhnya.

Kepala Divisi Keimigrasian (Kadivim) Kanwil Kemenkumham Babel Doni Alfisyahrin menuturkan, Imigrasi Corner merupakan sebuah inovasi yang akan membantu masyarakat dalam memperoleh informasi dan layanan keimigrasian. Di antaranya, permohonan paspor, informasi izin tinggal bagi WNA, pencegahan pengiriman calon pekerja migran non prosedural, dan pencegahan dini terjadinya Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) lintas negara.

"Dalam prosesnya, Imigrasi Corner telah melalui beberapa tahapan. Hingga pada hari ini para agen literasi Imigrasi Corner yang telah dibekali pengetahuan keimigrasian melalui in house training telah siap menjalankan tugas sebagai perpanjang tanganan Imigrasi di Kecamatan dan Desa," terangnya.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Mihardi

Tentang Penulis

Sumber: