Penandatanganan Kerjasama Dirjen Imigrasi dan Bank Mandiri untuk Layanan Digitalisasi Perbankan di 122 Negara

Penandatanganan Kerjasama Dirjen Imigrasi dan Bank Mandiri untuk Layanan Digitalisasi Perbankan di 122 Negara

Kerjasama Optimalisasi Layanan Keimigrasian - (kika) Direktur Kerjasama Keimigrasian Kementerian Hukum & HAM Anggiat Napitupulu, Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum & HAM Silmy Karim, Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi dan Direktur Hubungan Kelemb--

FIN.CO.ID - Dalam rangka mempercepat proses permohonan visa dari warga negara asing dan Diaspora, Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia melakukan kerjasama dengan Bank Mandiri dalam program layanan digitalisasi perbankan.

Dirjen Imigrasi Kemenkum HAM menargetkan 1.000 pemohon Golden Visa dan 700 pemohon visa Diaspora pada tahun pertama setelah dilaunching pada Februari 2024 mendatang.

“Bentuk kerja sama tersebut adalah dalam hal layanan digitalisasi keimigrasian dan perbankan,” kata Direktur Jenderal Imigrasi Silmy Karim, usai acara penandatanganan perjanjian kerja sama dalam bidang Keimigrasian dan Bidang Perbankan, di Jakarta, Selasa, 5 Desember 2023.

Penandatanganan kerja sama Ditjen Imigrasi Kemenkum Ham dan PT Bank Mandiri, Selasa 5 Desember 2023 di Jakarta. Foto/OchiApril.

Menurut Silmy, hal tersebut diawali dari adanya arahan Presiden Joko Widodo terkait dengan Golden Visa.

“Kemudian dilanjutkan dengan digitalisasi layanan imigrasi. Nah karena Golden Vissa sudah terbuat aturannya, kami kemudian mempersiapkan infrastukturnya agar proses pelayanan kepada pemohon menjadi lebih mudah,” ujar Silmy.

Menurut Silmy, kerja sama dengan Bank Mandiri dikarenakan Bank Mandiri untuk Livin sudah ada di 122 negara.

“Bagi warga negara asing (WNA) yang mengajukan visa melalui Livin Bank Mandiri. Dana yang tersimpan saat mengajukan visa akan tersimpan di Livin. Jadi buka rekening nantinya bisa dari luar negeri,” tutur Silmy.

Sementara itu, Direktur Utama PT Bank Mandiri Darmawan Junaidi mengatakan, platform Livin dapat mendukung semua aktivitas perbankan di dalam dan luar negeri.

“Platform Livin bisa diakses di seluruh dunia. Kami berharap kerja sama dengan Imigrasi dapat mempercepat layanan keimigrasian khususnya dalam hal perbankan,” kata Darmawan.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: