Tarif KRL Jabodetabek Bakal Naik, Pakar Transportasi: Siapkan Surat Miskin

Tarif KRL Jabodetabek Bakal Naik, Pakar Transportasi: Siapkan Surat Miskin

Pemerintah berencana menaikan tarif KRL Jabodetabek tahun ini-Ayu Novita -fin.co.id Disway Grup

FIN.CO.ID – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana menaikan harga tiket Kereta Rel Listrik (KRL) Jabodetabek atau commuter line pada tahun ini.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati menjelaskan penyesuaian tarif ini tengah didiskusikan bersama pelaku kepentingan terkait.

Namun, dia belum dapat memastikan kapan penyesuaian tarif KRL Jabodetabek atau commuter line akan diberlakukan.

“Tarif KRL sedang dibahas internal bersama stakeholders terkait,” ungkap Adita saat dihubungi fin.co.id, Disway Grup pada Kamis, 7 Maret 2024.

Secara terpisah, pakar transportasi Djoko Setijowarno mengungkapkan kenaikan tarif KRL Jabodetabek ini wajib dijalankan.

Mengingat, sejak 2016, tarif KRL belum ada kenaikan. Namun, kenaikan Upah Minimum Regional (UMR) terus mengalami kenaikan setiap tahunnya.

BACA JUGA:

“Tarif KRL sejak 2016 belum pernah naik. Sedangkan, UMR-nya akan naik terus setiap tahun,” ujar Djoko saat diwawancara melalui sambungan telepon.

Dia mengungkapkan, bahwa pengguna KRL sebanyak 56% berasal dari kalangan menengah bawah dengan pendapatan kurang dari Rp4 juta.

“Memang 56% penggunanya itu adalah orang yang bergaji kurang 4 juta rupiah, untuk warga dengan gaji kurang dari Rp4 juta jangan dinaikan (tarifnya)," katanya.

Djoko menyarankan, untuk orang kalangan menengah ke bawah bisa menggunakan surat keterangan miskin untuk mendapatkan tarif yang sesuai.

“Kalau dia miskin pakai keterangan miskin. Tapi kalau ketahuan berbohong selamanya jangan dikasih gitu,” ujarnya.

BACA JUGA:

Ia menyebutkan bahwa Public Service Obligation (PSO) atau Kebijakan Pelayanan Publik untuk kereta api terlalu besar, yakni  Rp 3,5 triliun yang hanya digunakan di wilayah Jawa dan Sumatera. Sementara untuk KRL sebesar Rp 1,6 triliun.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: