Kemenhub Prediksi Jumlah Pemudik Lebaran 2024 Lebih Besar dari Tahun Sebelumnya

Kemenhub Prediksi Jumlah Pemudik Lebaran 2024 Lebih Besar dari Tahun Sebelumnya

mudik gratis 2024--Huma Polri

FIN.CO.ID-  Kementerian Perhubungan (Kemenhub) prediksi jumlah pemudik pada Lebaran 2024 akan lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati mengatakan, survey untuk melihat animo pemudik Lebaran akan disebarluaskan pada awal Maret 2024 nanti.

“Survey untuk melihat animo mudik masih berjalan dan rencananya awal Maret nanti akan dipublikasikan,” kata Adita kepada fin.co.id pada Jumat, 1 Maret 2024.

Adita menjelaskan, untuk hasil sementara hasilnya menunjukkan bahwa jumlah masyarakat yang mudik Lebaran 2024 lebih besar dibandingkan tahun 2023.

BACA JUGA:

“Untuk sementara hasilnya memang memperlihatkan minat mudik lebih besar dibandingkan tahun lalu,” lanjutnya.

Adita menambahkan, persiapan mudik di Lebaran 2024 ini, Kemenhub sudah berkonsolidasi dengan pihak-pihak operator untuk memastikan kesiapan sarana dan prasarana.

“Dengan mempersiapkan posko terpadu angkutan lebaran, Ramp check untuk mengecek kelayakan moda, dan persiapan mudik gratis untuk moda darat, laut, dan kereta api,” pungkasnya.

Selanjutnya, Adita memperkirakan puncak arus mudik Lebaran 2024 pada H-3 hingga H-1 sebelum Lebaran.

BACA JUGA:

“Mengenai tanggalnya (puncak arus mudik Lebaran 2024) diperkirakan hampir sama dengan tahun-tahun sebelumnya, kira-kira seminggu sebelum lebaran sudah akan mulai terjadi peningkatan mobilitas,” pungkasnya. (*) 

(Ayu Novita)

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: