Menpan RB: 6.000 ASN Akan Dikirim ke IKN September

Menpan RB: 6.000 ASN Akan Dikirim ke IKN September

Menpan RB Abdullah Azwar Anas-ANTARA/Yashinta Difa-

FIN.CO.ID - Pemindahan 6.000 Aparatur Sipil Negara (ASN) ke Ibu Kota Nusantara (IKN) diundur pada September 2024. Awalnya, pengiriman ASN ke IKN itu pada Juli 2024.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Abdullah Azwar Anas. Dia mengatakan, jumlah 6.000 ASN itu juga turun dari 9.000 yang tadinya akan dikirim ke IKN.

BACA JUGA:

"Kira-kira September. Karena di Agustus nanti masih akan digunakan untuk upacara. Sehingga sebagian apartemen tersedia untuk keperluan Agustus. Jadi setelah Agustus, tetapi sebelum Agustus OIKN (Otorita IKN) tentu sudah ada di sana," kata Azwar di Jakarta, Selasa 27 Februari 2024.

Azwar menjelaskan, pengunduran jadwal pengiriman ASN itu karena apartemen di IKN akan digunakan untuk persiapan Upacara 17 Agustus. Tempat tinggal yang tersedia pun belum sesuai rencana awal, sehingga tempat tinggal itu belum bisa digunakan ASN.

Selain itu, Anas mengatakan, keberangkatan 6.000 ASN itu juga akan tergantung dengan penyelesaian rumah susun bagi para abdi negara tersebut. Ribuan ASN yang akan diberangkatkan itu meliputi lintas kementerian/lembaga termasuk TNI-Polri. 

"Kurang lebih enam ribu. Ini kita sesuaikan nanti terkait dengan penyelesaian tower-tower yang sudah selesai, tentu akan berkembang lagi," kata menteri asal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini.

BACA JUGA:

Reporter: Anisha Aprilia

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Mihardi

Tentang Penulis

Sumber: