Survei Indikator: Pendukung Prabowo-Gibran Puas dengan Kinerja Jokowi

Survei Indikator: Pendukung Prabowo-Gibran Puas dengan Kinerja Jokowi

Survey Indikator Kinerja Presiden--

FIN.CO.ID - Lembaga Indikator Politik Indonesia merilis survei pasca-Pemilu 2024. Hasilnya banyak pendukung dari paslon Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka puas dengan kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

"Jadi kalau kita cek ada 76,6% masyarakat yang puas terhadap kinerja Presiden Jokowi hari ini. Ini berdasarkan dukungan capres-cawapres, temuannya tidak jauh berbeda berdasarkan exit poll yang kita rilis minggu lalu, pemilih Prabowo-Gibran dari sekitar 58% itu hampir 90,2 adalah mereka yang puas terhadap kinerja Jokowi sebagai presiden," kata peneliti utama Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi di akun YouTube Indikator Politik Indonesia, Rabu (28/2/2024).


Prabowo Subianto dan Jokowi, Image: Tim Humas Prabowo--

Ia menjelaskan bahwa hal ini memberikan gambaran yang optimistis bahwa di tengah tekanan inflasi terutama terkait kenaikan harga beras. 

"Sementara itu dari sekitar 16% pemilih Ganjar-Mahfud, terdapat 74,8% juga puas terhadap kinerja Jokowi. Dan dari pemilih Anies-Muhaimin lebih didominasi mereka yang tidak puas 53,3%. Ini lagi-lagi menunjukkan bahwa positioning itu penting. Posisi pendukung Ganjar-Mahfud dan Prabowo-Gibran sama-sama puas kinerja Jokowi. Dan ini yang menjelaskan mengapa elektabilitas Ganjar-Mahfud tertekan secara cukup keras, di pemilu kemarin," jelas Burhanuddin. 

BACA JUGA:

Prabowo-Gibran Banyak Dipilih Perempuan dan Pemilih Non Muslim

Temuan survei terbaru pasca-Pemilu 2024, Lembaga Indikator Politik Indonesia menyebutkan bahwa pemilih Prabowo-Gibran didominasi perempuan dan yang non-muslim. 

"Basis pendukung ketiga calon, berdasarkan survei yang kita punya, dan tidak berbeda dengan exit poll yang kita rilis minggu lalu bahwa Prabowo-Gibran kuat di pemilih muda, dan ini relatif baru mereka kuat di kalangan pemilih perempuan yaitu sebesar 62,3 % yang sebelumnya kaum laki-laki lebih mendominasi," peneliti utama Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi di akun YouTube Indikator Politik Indonesia, Rabu (28/2/2024).

Lanjutnya muncul pemilih kaum perempuan ini terjadi saat debat capres kedua. "Performanya Prabowo di debat capres kedua banyak menarik simpati pemilih perempuan," kata Burhanuddin. 

Berikutnya pemilih Prabowo-Gibran pun muncul dari kalangan non muslim dan juga warga NU. 

"Mereka mengaku banyak memilih Prabowo-Gibran yaitu non muslim 58,4% dan NU 57%. Prabowo-Gibran juga dapat dukungan dari segala segmen termasuk para pendidikan yang tinggi sekalipun yaitu 72,8%," jelas Burhanuddin. 

BACA JUGA:

Sementara itu, peneliti utama Indikator Politik Indonesia lainnya Hendro Prasetyo juga mengungkapkan bahwa Prabowo-Gibran juga memiliki tingkat kesukaan paling tinggi. 


Survey Indikator Pilihan Capres - Cawapres--

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Admin

Tentang Penulis

Sumber: