Buntut 16 Tahanan Kabur, Kapolsek Tanah Abang Kompol Hans Philip Samosir Dicopot

Buntut 16 Tahanan Kabur, Kapolsek Tanah Abang Kompol Hans Philip Samosir Dicopot

10 tahanan Polsek Tanah Abang yang kabur sudah ditangkap kembali. Sisa 6 yang masih buron.-FIN/Antara-

FIN.CO.ID - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto mencopot Kompol Hans Philip Samosir dari jabatannya sebagai Kapolsek Tanah Abang. Pencopotan itu merupakan buntut kaburnya 16 tahanan pada Senin 19 Februari 2024.

"Benar (soal dicopotnya Hans Philip sebagai Kapolsek Tanah Abang)," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Ary Syam Indardi saat dikonfirmasi wartawan di Jakarta, Minggu 25 Februari 2024.

BACA JUGA:

Dia menjelaskan, pencopotan itu berdasarkan surat telegram rahasia Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto per Jumat 23 Februari 2024. Kompol Hans Philip kemudian dimutasi sebagai Kanit I Bagwasiddik Ditreskrimum Polda Metro Jaya.

Sementara itu, posisi Kapolsek Tanah Abang kini diisi oleh Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Aditya Simanggara Pratama. Meski demikian, Ade Ary ogah berkomentar banyak terkait dengan dimutasinya Kompol Hans Philip.

Dia mengatakan, mutasi itu hanya untuk kebutuhan organisasi di internal Polri. "(Untuk) kebutuhan organisasi," ujarnya.

Sebelumnya, 16 tahanan Polsek Tanah Abang melarikan diri pada Senin 19 februari 2024 sekitar pukul 02.40 WIB. Total ada 16 orang tahanan yang kabur. Namun, dua di antaranya sudah berhasil ditangkap kembali pada hari yang sama.

Pada 22 Februari lalu, polisi juga telah berhasil menangkap delapan orang tahanan lainnya. Tak hanya itu, polisi juga menangkap RA yang membantu para tahanan untuk kabur dari Polsek Tanah Abang dengan membawakan gergaji.

Total tahanan yang berhasil ditangkap kembali yakni 10 orang. Sedangkan, enam orang tahanan lainnya yang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Mihardi

Tentang Penulis

Sumber: