KAI Bakal Tambah Perjalanan Kereta Api pada Momen Mudik Lebaran 2024

KAI Bakal Tambah Perjalanan Kereta Api pada Momen Mudik Lebaran 2024

Penumpang kereta di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat-sabrina hutajulu-fin.co.id Disway Grup

FIN.CO.ID - PT Kereta Api Indonesia (KAI) bakal menambah perjalanan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) pada edisi mudik Lebaran 2024. Hal itu untuk memenuhi permintaan masyarakat pada periode Hari Besar Nasional (HBKN) seperti mudik Lebaran.

Vice President (VP) PT KAI Joni Martinus mengatakan, penambahan perjalanan kereta saat ini tengah dipertimbangkan dan akan ditentukan kemudian hari. Meski demikian, dia memastikan, rencana penambahan itu akan dilakukan.

BACA JUGA:

"Untuk mengakomodasi lonjakan permintaan masyarakat akan layanan kereta api pada periode Angkutan Lebaran, KAI akan menambah perjalanan kereta api seperti yang selalu kami lakukan saat periode peak season (musim puncak)," kata Joni seperti dikutip, Sabtu 24 Februari 2024.

Dia mengatakan, tiket KA paling banyak terjual pada H-3 Lebaran atau 7 April 2024 yang mencapai 30.637 tiket terjual. "Sebanyak 30.637 tiket atau 28 persen dari total keseluruhan yang dijual untuk keberangkatan pada hari tersebut," kata dia.

Joni mengatakan, berdasarkan tren pemesanan tiket pembelian cenderung dari Barat seperti Jakarta dan Jawa Barat. Sedangkan tujuannya arah Timur seperti Jawa Tengah dan Jawa Timur. Akibat banyaknya pemesanan itu, sejumlah perjalanan KA sudah penuh.

“Sejumlah perjalanan KA okupansinya telah mencapai 100 persen untuk keberangkatan dari Barat ke Timur pada hari-hari tertentu menjelang Hari-H Lebaran seperti pada KA Argo Bromo Anggrek, Argo Wilis, Taksaka, Brantas, dan lainnya,“ terang Joni.

Berdasar data itu, rute favorit masyarakat pada periode Angkutan Lebaran yakni Jakarta-Surabaya, Jakarta-Solo, dan Bandung-Blitar. Kemudian, Jakarta-Purwokerto, dan Jakarta-Malang.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Mihardi

Tentang Penulis

Sumber: