Pesan Tiket Kereta Api untuk Lebaran, KAI Siapkan Sistem Waiting Room

Pesan Tiket Kereta Api untuk Lebaran, KAI Siapkan Sistem Waiting Room

Seorang pelanggan membeli tiket di loket penjualan langsung.-FIN/Sabrina Hutajulu-

FIN.CO.ID - PT Kereta Api Indonesia (KAI) menerapkan sistem antrean dalam pemesanan tiket Kereta Api (KA). Sistem antrean baru ini ada di aplikasi Access by KAI dan website booking.kai.id pada saat pemesanan tiket untuk mengatur aliran pemesanan tiket secara lebih terorganisir, saat trafik pemesanan tiggi.

Hal itu disampaikan oleh Vice President (VP) Public Relations PT Kereta Api Indonesia (Persero) Joni Martinus. Dia berharap, layanan ini dapat berdampak positif terhadap pengguna KA.

BACA JUGA:

"Fitur ini membantu memastikan bahwa website dan aplikasi tetap stabil dan pengguna dapat memesan tiket dengan lebih adil dan teratur," kata Joni dalam keterangan tertulisnya kepada FIN.CO.ID, Kamis 22 Februari 2024.

Joni menjelaskan, saat pelanggan mengakses aplikasi Access by KAI atau website booking kai.id untuk pemesanan tiket kereta pada periode sibuk, maka pelanggan akan dimasukkan ke dalam waiting room.

"Secara sistem di belakang Anda akan mendapatkan nomor antrean dan harus menunggu giliran Anda untuk bisa mengakses sistem pemesanan tiket," lanjutnya.

Waktu tunggu bisa bervariasi tergantung pada jumlah pengguna yang sedang online. Jika pelanggan keluar dari Waiting Room sebelum giliran, maka pelanggan akan kehilangan posisi antrean dan harus memulai dari awal kembali.

"Oleh karena itu, disarankan untuk tetap dalam Waiting Room hingga giliran Anda tiba," jelasnya.

Setelah masuk ke tampilan jadwal yang dicari, pengguna akan diberikan waktu selama 5 menit untuk memilih jadwal atau menggeser tab tanggal ke tanggal sebelumnya atau tanggal berikutnya.

Namun jika pelanggan dalam waktu 5 menit tidak memilih jadwal kereta atau idle di halaman pemilihan jadwal kereta, pelanggan akan diarahkan kembali ke dalam waiting room.

Sebagai informasi, mulai hari ini Jumat 23 Februari 2024, masyarakat sudah dapat memesan tiket untuk keberangkatan kereta api pada masa angkutan Lebaran H-2 atau 8 April 2024.

Didominasi pemesanan pada periode tersebut adalah tiket KA dari arah Barat (Jawa Barat dan Jakarta) menuju ke arah Timur (Jawa Tengah dan Jawa Timur).

Sejauh ini rute favorit masyarakat pada periode Angkutan Lebaran adalah Jakarta - Surabaya, Jakarta - Solo, Bandung – Blitar, Jakarta - Purwokerto, Jakarta – Malang, dan relasi lainnya.

Untuk informasi lebih lanjut terkait penjualan tiket pada masa Angkutan Lebaran, masyarakat dapat menghubungi Customer Service di stasiun atau Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email [email protected], atau media sosial KAI121.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Mihardi

Tentang Penulis

Sumber: