BUMN Siapkan 80.000 Kuota untuk Program Mudik Gratis 2024, Siap-siap Daftar

BUMN Siapkan 80.000 Kuota untuk Program Mudik Gratis 2024, Siap-siap Daftar

Program mudik gratis BUMN--pln

FIN.CO.ID - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) siapkan 80.000 dalam mudik gratis 2024.

Hal ini dipastikan oleh Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga, ia memastikan akan menggelar mudik gratis 2024 bagi masyarkaat.

"Mudik gratis ada, kuotanya kita tambah lah, kuotanya 80.000," ucap Arya di Jakarta pada Kamis, 22 Februari 2024.

Lanjutnya, mudik gratis BUMN berlaku untuk semua moda transportasi. Mulai dari transportasi darat menggunakan bus, ketreta api, sampai kapal laut. Sementara itu tidak ada mudik gratis untuk angkutan pesawat.

Namun BUMN belum memberikan pengumuman resmi mengenai program mudik gratis lebaran 2024.

BACA JUGA:

Kuota Tahun Lalu

Diketahui, di 2023 BUMN menggelar program mudik gratis dengan menyediakankuota  sebanyak 65.603 lebih kuota.

Gelaran bertajuk Mudik Gratis bersama BUMN itu banyak diminati masyarakat yang ingin pulang ke kampung halaman saat Lebaran.  

Adapun program tersebut memfasilitasi peserta dengan moda transportasi bus dan kereta api di bawah koordinasi PT Jasa Raharja.

Moda transportasi bus pada mudik Lebaran 2023 tercatat sebanyak 1.009 armada bus dengan jumlah pemudik sebanyak 46.523 pemudik, dengan rute Wonogiri, Surakarta, Klaten, Kebumen, Purworejo, Sragen, Boyolali, Ngawi, Grobogan.

BACA JUGA:

Sementara moda transportasi kereta tercatat sebanyak 30 rangkaian yang memfasilitasi 15.658 pemudik dengan rute Surabaya, Malang, Blitar, Solo, Yogyakarta.

"Melalui mudik bersama BUMN, kami mengalihkan ribuan pengguna kendaraan, terutama sepeda motor, ke moda transportasi umum seperti bus, kereta api, dan kapal laut yang memenuhi standar keselamatan transportasi, sehingga masyarakat dapat merasakan mudik yang aman dan nyaman,” ujar Menteri BUMN Erick Thohir.

Program mudik bersama BUMN merupakan salah satu upaya BUMN untuk mewujudkan peran nyata dalam membantu masyarakat yang akan melaksanakan perjalanan mudik ke kampung halamannya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Ari Nur Cahyo

Tentang Penulis

Sumber: