KH Syukron Makmun yang Tampar Banser Pernah Baiat Habib Rizieq?

KH Syukron Makmun yang Tampar Banser Pernah Baiat Habib Rizieq?

Video viral Kiyai NU tampar Banser. --

JAKARTA, FIN.CO.ID- Nama ulama sesepuh Nahdatul Ulama (NU), KH Syukron Makmun ramai dibicarakan warga net. Hal itu lantaran sang ulama menampar seorang anggota Barisan Ansor Serbaguna atau Banser karena kerap menjaga gereja.

KH Syukron Ma'mun, adalah seorang ulama yang merupakan Pimpinan Pondok Pesantren Daarul Rahman. 

Pada tahun 2017 silam, KH Syukron Ma'mun pernah membaiat Habib Rizieq Shiba sebagai Imam besar ummat Islam Indonesia. 

Video bai'at itu diduga berlangsung saat situasi politik DKI Jakarta sedang hangat.

Seperti dalam video yang beredar, diunggah oleh chanel YouTube REVOLUSI AKHLAQ, para ulama termasuk KH Syukron Makmun melakukan sumpah setia atau baiat kepada Habib Rizieq di depan ribuan jamaah yang hadir. 

(BACA JUGA:Guntur Romli Bilang Banser Suka Jaga Gereja Karena Perintah Gus Dur)

Tidak diketahui pasti tempat pembaiatan itu, chanel YouTube REVOLUSI AKHLAQ hanya menulis judul dalam video tersebut: Tokoh sepuh NU, KH. Syukron Makmun baiat Habib Rizieq Sbg Imam Besar Umat Islam. Video itu diunggah pada 24 Januari tahun 2017.

Tidak hanya itu, pada tahun 2020, KH Syukron Makmun juga pernah hadir silaturahmi dengan Habib Rizieq Shihab di Petamburan Jakarta Barat. Silaturahmi itu tepat saat Habib Rizieq baru tiba dari Arab Saudi. 

Pada kesempatan tersebut,  KH Syukron Makmun juga memberikan seditik ceramahnya kepada jamaah yang hadir di Petamburan.

Sebelumnya, KH Syukron Makmun memberikan tamparan ringan kepada salah satu anggota Banser bernama Abd Hamid. Sebelum memberi tamparan, KH Syukron Makmun bilang bahwa Banser harusnya menjaga Kiyai. Bukan malah menjaga Gereja. 

Politikus PSI yang juga kader Banser Guntur Romli mengatakan, tamparan KH Syukron Makmun kepada Banser adalah sebuah tradisi. 

(BACA JUGA:Ini Fakta Sebenarnya Kiyai NU Tampar Anggota Banser Karena Suka Jagain Gereja)

"Perlu memahami tradisi relasi Kyai dan Santri bahwa penamparan itu bukan berdasar kebencian tapi kasih sayang," kata Guntur Romli di Twitter-nya, Senin 25 April 2022. 

"Bahkan dipercaya, digaplok Kyai itu mendatangkan berkah. Makanya setelah Sahabat Abd Hamid digaplok, ada yang yg minta digaplok juga oleh KH Syukron Makmun," jelasnya. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: