Jabat Menko Polhukam 19 Hari, Tito: Fokus Bantu Penyelenggara Pemilu

Jabat Menko Polhukam 19 Hari, Tito: Fokus Bantu Penyelenggara Pemilu

Menko Polhukam Marsekal TNI (Purn]) Hadi Tjahjanto dan Tito Karnavian.-FIN/Fajar Ilman-

FIN.CO.ID - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian memaparkan hasil kerjanya selama menjabat sebagai Pelaksana lugas (Plt) Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam). Tito mejabat sebagai Plt Menko Polhukam selama 19 hari.

Tito menyebut fokus kerjanya selama 19 hari itu pada Pemilu 2024. Termasuk, kata dia, menjamin pesta demokrasi lima tahunan di Indonesia itu berjalan lancar dan tanpa gangguan.

BACA JUGA:

"Semua energi kami fokus saja pada satu, yaitu membantu para penyelenggara pemilu dan pengawas pemilu untuk mengamankan dan melancarkan jalannya pemilu," kata Tito di Kantor Kemenko Polhukam RI, Jakarta, Rabu 21 Februari 2024.

Ia menjelaskan, selama tahapan pemilu tugas utama Kemenko Polhukam bukan mengambil alih kerja penyelenggara pemilu. Tetapi, kata dia, sebatas memonitor dan memberi bantuan manakala ada persoalan.

"Kalau ada yang membutuhkan bantuan, kami akan siap memberikan bantuan melalui semua kementerian, lembaga yang ada di bawah koordinasi Kemenko Polhukam, dan banyak yang kami lakukan untuk membantu, di antaranya di sini ada Desk Monitoring Pemilu 2024 di seluruh kementerian/lembaga," tuturnya.

Dia mengatakan, Kemenko Polhukam membentuk lima tim pemantau yang bertugas memonitor jalannya pemilu di luar negeri. Kemudian, sambungnya, 18 tim bertugas di dalam negeri.

"Ada 166 negara (tempat WNI memilih), tetapi kami fokus pada beberapa negara penting seperti Malaysia, Singapura, Taiwan (Tiongkok), Hong Kong (Tiongkok), Arab Saudi, dan Australia," bebernya.

Tito menjelaskan, tim itu juga yang membantu penyelenggara pemilu memastikan pemungutan suara tetap berjalan di tengah bencana. Misalnya, yang dialami sejumlah warga Demak di Jawa Tengah dan di Tolikara, Papua Tengah.

"Nah, ini yang kami berikan dukungan, juga termasuk ke daerah-daerah yang pulau, yang berombak besar dibantu oleh teman-teman dari TNI AL," kata Tito.

Dari kerja-kerja itu, Tito menilai, pemungutan suara berjalan lancar meskipun ada beberapa tantangan yang dialami penyelenggara pemilu.

"Alhamdulillah, pemilu berjalan relatif aman, lancar, dan kemudian ya ini dilaksanakan the biggest one-day-election in the world ya, pemilu terbesar satu hari di seluruh dunia,” katanya.

BACA JUGA:

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada tanggal 2 Februari 2024 meneken keputusan presiden (keppres) yang isinya menunjuk Tito Karnavian sebagai Plt Menko Polhukam mengingat jabatan itu kosong setelah Mahfud MD mengundurkan diri. Tito kemudian mulai aktif bekerja pada tanggal 3 Februari 2024.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Mihardi

Tentang Penulis

Sumber: