Istana: Tito Karnavian Punya Kualifikasi sebagai Plt Menkopolhukam

Istana: Tito Karnavian Punya Kualifikasi sebagai Plt Menkopolhukam

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian-@titokarnavian-Instagram

FIN.CO.ID - Presiden Jokowi menunjuk Mendagri Tito Karnavian sebagai Plt Menkopolhukam. Istana menyebut mantan Kapolri itu punya kualifikasi menjalan tugas pada jabatan tersebut. 

"Pak Tito Karnavian selama ini berada di jajaran Kemenko Polhukam. Beliay termasuk salah satu menteri yang senior. Selain juga ada beberapa menteri lain. Jadi Presiden menunjuk beliau sebagai Plt. Menko Polhukam," ujar Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana di Gedung Sekretariat Negara, Jakarta, Jumat, 2 Februari 2024.

Tito ditunjuk oleh Jokowi pasca mundurnya Mahfud MD dari jabatan tersebut. Pada Kamis, 1 Februari 2024 Mahfud resmi menyerahkan surat pengunduran dirinya sebagai Menkopolhukam. 

Menurut Ari, faktor penunjukan Tito sebagai Plt Menko Polhukam telah dipertimbangkan berdasarkan aspek profesionalitas mengingat rekam jejaknya yang panjang di bidang politik dan keamanan.

Tito yang dilantik sebagai Mendagri pada 23 Oktober 2019, juga disebutnya mampu bekerja sama dengan institusi-institusi di luar pemerintahan.

Ari meyakinkan penunjukan Tito sebagai Plt Menko Polhukam tidak akan mempengaruhi kinerja Kemendagri maupun Kemenko Polhukam.

"Saya rasa tidak berpengaruh. Sistem pemerintahan kita kan berjalan dengan baik. Selain itu, tentu saja Pak Tito akan dibantu oleh deputi-deputi Kemenko Polhukam yang ada. Sehingga tidak akan ada kesulitan bagi Pak Tito untuk menjalankan fungsi sebagai Plt. Menko Polhukam," tutur Ari.

Dibantu dengan sistem pendukung yang baik, lanjut Ari, Tito akan mampu melanjutkan apa yang sudah dibangun dan dijalankan sebelumnya oleh Mahfud MD.

Selain itu, perubahan dinamika kepemimpinan di Kemenko Polhukam diyakini tidak akan mengganggu penyelenggaraan Pemilu 2024.

"Saya kira tidak ada kekhawatiran mengenai penyelenggaraan pemilu. Semua proses sudah berjalan dengan baik. Ada institusi penyelenggara pemilu, Kemendagri sudah bekerja dan berjalan dengan baik. Kemenko Polhukam juga selama ini sudah menjalankan fungsinya dengan baik," paparnya.

Diketahui, berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 20/P Tahun 2024 yang ditandatangani Presiden Jokowi di Jakarta, Jumat, Tito Karnavian ditunjuk sebagai Plt Menko Polhukam sampai Presiden menunjuk Menkopolhukam definitif.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: