Menkes: Penyelenggara Pemilu Meninggal Dunia di Pemilu 2024 Turun 80 Persen

Menkes: Penyelenggara Pemilu Meninggal Dunia di Pemilu 2024 Turun 80 Persen

Ilustrasi Tugas anggota KPPS--ist

fin.co.id - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, mengungkap, jumlah penyelenggara pemilu yang meninggal pada pemilu 2024 mengalami penurunan yang signifikan dibandingkan dengan pemilu sebelumnya pada tahun 2019.

"Itu kisarannya 16 persen dari Pemilu yang sebelumnya (2019) yang angkanya di atas 500," ujar Budi saat prescon di Gedung Kementerian Kesehatan, Jakarta, Senin 19 Febuari 2024.

Menurutnya, penurunan ini merupakan hal yang positif, namun pemerintah, khususnya di Kementerian Kesehatan, masih melihat satu nyawa yang hilang dalam penyelenggaraan pemilu sebagai hal yang terlalu banyak.

"Terlalu banyak masyarakat yang berduka, jadi kami berpikir bagaimana caranya untuk terus memperbaiki ini," tambahnya.

BACA JUGA:Dinkes Riau Catat 2 Petugas KPPS Meninggal dan 249 Orang Sakit

Meskipun telah terjadi penurunan sebesar 80 persen lebih, Budi menegaskan, pemerintah berkomitmen untuk terus meningkatkan upaya pencegahan agar tidak ada lagi penyelenggara pemilu yang meninggal.

"Sudah turun 80 persen lebih, bisa enggak kita turun lebih banyak lagi, kalau bisa tidak ada yang meninggal," tegasnya.

Dia juga menyampaikan apresiasi kepada pihak BPJS, atas upaya skrining yang telah dilakukan terhadap setiap penyelenggara pemilu guna meminimalisir kejadian seperti ini.

"Jadi tugas kita adalah jangan keburu sakit, kalau bisa bekerja ini udah sehat duluan.Kondisinya masih sehat, tugas kita ingin menjaga sehat," pungkasnya. (Fajar Ilman)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: