BPBD DKI Minta Warga Pesisir Waspadai Rob di 9 Lokasi Jakarta

BPBD DKI Minta Warga Pesisir Waspadai Rob di 9 Lokasi Jakarta

Banjir rob yang menerjang kampung Dadap Tangerang. Ribuan KK Terdampak-Rikhi Ferdian untuk FIN.CO.ID-

FIN.CO.ID - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengimbau agar warga mewaspadai potensi banjir rob di sekitar pesisir pada 19-23 Februari 2024. Terutama di sembilan wilayah yang ada di Jakarta.

"Waspada banjir pesisir Provinsi DKI Jakarta pada 19 sampai 23 Februari. Potensi rob saat puncak pasang maksimum pukul 06.00 sampai 10.00 WIB di wilayah berikut," ujar Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji dalam keterangannya yang dikutip di Jakarta, Senin 19 Februari 2024 dini hari tadi.

BACA JUGA:

Bersamaan dengan adanya fase bulan baru (purnama), sembilan wilayah pesisir Jakarta disebut berpotensi banjir karena meningkatnya ketinggian air laut. Sembilan wilayah itu yakni Kamal Muara, Kapuk Muara, Penjaringan, Pluit, Ancol, Marunda, Cilincing, Kalibaru (Jakarta Utara), dan Kamal (Jakarta Barat).

BPBD DKI Jakarta mengingatkan warga yang tinggal di daerah tersebut agar lebih waspada terhadap peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum. Pihaknya mengimbau masyarakat untuk selalu memantau informasi terkini mengenai gelombang air laut pada bpbd.jakarta.go.id/gelombanglaut.

Informasi banjir terkini dapat dipantau melalui laman https://pantaubanjir.jakarta.go.id/peta-banjir-berbasiskan-rt. Bila menemukan keadaan darurat yang membutuhkan pertolongan, segera hubungi Call Center Jakarta Siaga 112.

Untuk mengantisipasi banjir rob, BPBD DKI Jakarta menggandeng Dinas Sumber Daya Air (SDA), Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) dan instansi terkait lain untuk penanganan bencana. Selain personel, pihaknya juga menyiagakan ratusan pompa stasioner dan pompa keliling untuk menyedot air.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Mihardi

Tentang Penulis

Sumber: