BPBD DKI Minta Warga Pesisir Utara Waspada Banjir Rob 21-27 Februari

BPBD DKI Minta Warga Pesisir Utara Waspada Banjir Rob 21-27 Februari

Banjir rob yang menerjang kampung Dadap Tangerang. Ribuan KK Terdampak-Rikhi Ferdian untuk FIN.CO.ID-

FIN.CO.ID - Warga di pesisir utara Jakarta untuk mewaspadai potensi banjir atau rob pada 21 hingga 27 Januari 2024. Hal itu disampaikan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta.

"BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Maritim Tanjung Priok menginformasikan peringatan potensi banjir pesisir (rob) tanggal 21 sampai 27 Januari 2024. Kami minta warga wilayah pesisir utara Jakarta waspada," kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa AjiI alam keterangan resminya di Jakarta, Minggu 21 Januari 2024.

BACA JUGA:

Isnawa menjelaskan, fenomena fase bulan purnama berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum berupa banjir pesisir (rob) di wilayah pesisir utara Jakarta.

Dia merinci warga di wilayah pesisir utara DKI Jakarta seperti Kamal Muara, Kapuk Muara, Penjaringan, Pluit, Ancol, Kamal, Marunda, Cilincing, Kalibaru, dan Muara Angke agar dapat mengantisipasi dampak air laut pasang yang berpotensi terjadinya rob.

Menurut Isnawa, puncak pasang maksimum air laut berada pada pukul 07.00-11.00 WIB.

BPBD mengimbau warga untuk terus memantau informasi terkini mengenai gelombang air laut pada situs resmi BPBD melalui bpbd.jakarta.go.id/gelombanglaut.

Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG Eko Prasetyo mengatakan, selain fase bulan baru, potensi banjir pesisir (rob) pada pekan tersebut juga terjadi jika memasuki bulan purnama.

Potensi banjir rob ini secara umum akan berdampak pada aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir, seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di permukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam, dan perikanan darat.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Mihardi

Tentang Penulis

Sumber: