Langkah Bawaslu Antisipasi Kecurangan Rekapitulasi Suara Pemilu

Langkah Bawaslu Antisipasi Kecurangan Rekapitulasi Suara Pemilu

Ketua Bawaslu Rahmat Bagja-fajar ilman-fin.co.id Diswaygrup

FIN.CO.ID - Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI, Rahmat Bagja, mengatakan pihaknya telah mempersiapkan langkah-langkah untuk mengantisipasi kecurangan pada tahap rekapitulasi suara Pemilu 2024.

Dikatakannya, salah satu langkah mengantisipatisi terjadinya kecurangan dalam proses rekapitulasi suara pemilu berjenjang yaitu mengerahkan seluruh pengawas tingkat kecamatan dan tingkat desa untuk terus memantau.

"Antisipasinya, seluruh pengawas tingkat kecamatan dan tingkat desa yang masih bertugas mengawasi terus jalannya proses rekapitulasi manual suara pemilu," kepada wartawan, Jumat 16 Febuari 2024.

Rahmat menambahkan, pentingnya transparansi dalam pelaksanaan rekapitulasi suara pemilu. 

Ia menegaskan bahwa tempat rekapitulasi harus tetap terbuka dan tidak boleh tertutup.

"Yang namanya tempat rekapitulasi itu harus terbuka jangan sampai tertutup, gordennya ditutup itu nggak boleh," tegasnya.

BACA JUGA:

Lebih lanjut, Rahmat juga mengajak semua pihak untuk turut serta dalam memastikan transparansi dan keabsahan proses rekapitulasi suara pemilu.

"Jadi kami berharap teman-teman PPK dan lain-lain kemudian bisa melakukan itu," tambahnya.

Rahmat juga mengingatkan agar para calon legislatif (caleg) untuk memanfaatkan kesempatan untuk mengawasi proses rekapitulasi suara manua. Terutama bagi mereka yang tidak memiliki saksi di tempat tersebut.

"Teman-teman caleg yang katanya tidak punya saksi bisa melihat dari luar," pungkas Rahmat Bagja.

Bawaslu RI berharap dapat menjamin integritas dan keabsahan hasil rekapitulasi suara pemilu berjenjang, serta menjaga kepercayaan masyarakat terhadap proses demokrasi di Indonesia.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: