Viral! Surat Suara DPR RI Bertuliskan 'Maling' di TPS 063 Jakarta Selatan

Viral! Surat Suara DPR RI Bertuliskan 'Maling' di TPS 063 Jakarta Selatan

Viral! Surat Suara DPR RI Bertuliskan 'Maling' di TPS 063 Jakarta Selatan--

fin.co.id - Fenomena pencoretan kertas surat suara kembali terjadi pada Pemilu 2024. Kali ini, pada surat suara DPR RI di TPS 063 di Taman Rasuna, Kuningan, Jakarta Selatan tempat pencoblosan Kaesang dan Erina.

Pada kertas surat suara tersebut, anggota KPPS 063 menemukan coretan bertuliskan 'Maling' pada sisi kanan dan kiri atas pada saat perhitungan suara.

Tak hanya itu, pada bagian kotak bertuliskan nama-nama Calon Legislatif DPR RI juga ikut tercoret.

Dari keterangan Tito, surat suara hanya dicoret-coret Maling tanpa ada titik yang dicoblos. Surat suara itu diputuskan tidak sah.

BACA JUGA:Pasangan AMIN Unggul di TPS Megawati Soekarnoputri, Pasangan Ganjar-Mahfud Urutan Buncit

"Tidak sah ada coretan Maling," kata Tito selaku ketua KPPS 063, dikutip wartawan fin.co.id, Rabu 14 Februari 2024.

"Itu kita putuskan karena kan kita masih disaksikan 3 saksi yang pada saat penghitungan masih ada di TPS, itu termasuk surat surat suara tidak sah," katanya.

Di sisi lain, pasangan nomor urut 03, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD meraih suara terbanyak di TPS 063 atau TPS yang menjadi tempat pencoblosan Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.

Berdasarkan hasil penghitungan suara yang dilakukan kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) TPS 063 Apartemen Taman Rasuna tercatat kertas suara pemilih pasangan nomor urut 03 Ganjar-Mahfud sebanyak 87 suara.

BACA JUGA:Pasangan AMIN Menang Mutlak di TPS Tempat Anies Mencoblos

Lalu, kertas suara pemilih pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebanyak 73 suara, dan kertas suara pemilih pasangan nomor urut 01, Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar sebanyak 72 suara.

Adapun di TPS 063 terdapat surat suara sisa, yakni kertas surat suara Presiden dan Wakil Presiden sebanyak 238, total surat suara tercoblos sebanyak 232 dan 6 diantaranya tidak sah. 

“Total suara yang masuk, 238 suara. 232nya sah,” kata Tito. (Hasyim Asyari)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: