Sebanyak 5.559 Surat Suara Lebih Dimusnahkan KPU Kota Bekasi

Sebanyak 5.559 Surat Suara Lebih Dimusnahkan KPU Kota Bekasi

Surat Suara Pemilihan Umum 2024-FIN/Antara-

BEKASI, FIN.CO.ID - Sebanyak 5.559 surat suara Pemilihan Umum (Pemilu) yang melebihi kebutuhan, dimusnahkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi.

Pemusnahan surat suara tersebut dilakukan, karena jumlah surat suara yang diterima oleh KPU Kota Bekasi melebihi kebutuhan yang diperlukan di lapangan.

Ketua KPU Kota Bekasi, Ali Syaifa mengungkapkan, pemusnahan surat suara tersebut dilakukan mengacu pada peraturan yang sudah ada.

"Pemusnahan surat suara ini, tentu menjalankan perintah regulasi ya. yang mana kelebihan surat suara itu memang harus dimusnahkan, selambat-lambatnya Satu hari sebelum pelaksanaan," ungkap Ali Syaifa saat dikutip, Rabu 14 Februari 2024.

BACA JUGA : 

Berdasarkan data yang fin.co.id dapat, KPU Kota Bekasi memusnahkan sebanyak 5.559 surat suara yang diterima melebihi kebutuhan.

"Kami sudah yakin betul di seluruh logistik sudah sampai ke seluruh TPS dan sudah diterima oleh anggota KPPS," jelasnya.

Ali Syaifa mengatakan, KPU Kota Bekasi telah melakukan penyortiran. Hasilnya, terdapat beberapa sejumlah surat suara yang mengalami kerusakan.

Namun usai penyortiran, pihaknya telah mendapatkan surat suara pengganti. Namun, jumlah surat suara tersebut melebihi kebutuhan sehingga dimusnahkan.

BACA JUGA :

"Untuk melaksanakan prinsip kepastian hukum, karena jumlah surat suara yang beredar itu harus sama persis dengan jumlah DPT di setiap TPS ditambah 2 persen, nah kelebihannya kita musnahkan," ucapnya.

Perlu diketahui, jumlah DPT di Kota Bekasi mencapai kurang lebih 1.809.574 dengan jumlah TPS 7.078. Adapun jumlah surat suara, sebanyak 9.246.00 lembar.

Maka KPU Kota Bekasi, telah melakukan pemusnahan surat suara yang kelebihan di wilayahnya, H-1 jelang Pemilu 2024 yang dilaksanakan 14 Februari 2024.

Kini seluruh surat suara yang harus didistribusikan, telah diterima oleh masing-masing TPS yang ada di wilayah Kota Bekasi.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tuahta Aldo

Tentang Penulis

Sumber: