Sultan Hamengku Buwono X Akui Diminta Jokowi Jembatani Pertemuan dengan Megawati

Sultan Hamengku Buwono X Akui Diminta Jokowi Jembatani Pertemuan dengan Megawati

Calon Presiden (Capres) Anies Baswedan menemui Sri Sultan Hamengku Buwono X di Yogyakarta, Rabu 24 Januari 2024.-FIN/Antara-

FIN.CO.ID- Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X mengaku diminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menjembatani pertemuannya dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Namun Sultan HB akui masih menunggu kesedian Presiden Jokowi untuk hal dimaksud. 

"Betul, tapi saya kan nunggu Presiden, kan saya akan menjembatani (tapi) ya terserah Presiden, itu aja," jelas Sultan kepada wartawan di kantornya, Senin 12 Februari 2024.

BACA JUGA:

"Ya nunggu, kalau emang Presiden memerlukan saya bersedia, kan hanya itu. Kalau nggak ya nggak apa-apa, udah itu aja," sambungnya.

Sultan mengaku hanya tinggal menunggu inisiatif Jokowi. 

"Berarti kan bukan saya yang mengambil inisiatif to, yang ambil inisiatif kan Bapak Presiden sendiri. Ya terserah Bapak Presiden, mau perlu ketemu Mbak Mega yang mau saya fasilitasi ndak, kan gitu," ujar Sultan.

"Kalau bisa ketemu sendiri kan ya syukur, tapi kalau saya kan sifatnya pasif. Ya kalau Presiden ndak 'tolong mbok saya dianter' misalnya gitu, nggak ada ya nggak to. Ya terserah Bapak Presiden sendiri. Saya kan pasif, bukan ngoyak-oyak (mengejar)," lanjutnya.

BACA JUGA:

Sebelumnya, kabar yang menyebut bahwa Jokowi ingin bertemu dengan Megawati pertamakali disampaikan oleh Pengamat Militer Connie Rahakundini Bakrie. 

Presiden Jokowi mengunjungi Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X di kompleks Keraton Jogja pada Minggu 18 Februari kemarin. 

Jokowi mengatakan diterima dan berbincang cukup lama dengan Sri Sultan. 

Jokowi mengatakan dalam pertemuan itu dia bersama Sri Sultan membicarakan situasi global dan nasional.

"Ya banyak (yang dibicarakan), berbicara masalah ekonomi global, geopolitik global, termasuk juga ekonomi nasional, politik nasional," kata Jokowi beberapa waktu lalu. (*) 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: