Profil Blacius Subono, Maestro Dalang yang Tutup Usia Usai Kampanye Ganjar-Mahfud di Solo

Profil Blacius Subono, Maestro Dalang yang Tutup Usia Usai Kampanye Ganjar-Mahfud di Solo

Dalang Blacius Subono tutup usia setelah pentas dalam kampanye akbar Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Solo, Jawa Tengah, Sabtu 10 Februari 2024.-FIN/Instagram @isi_surakarta-

FIN.CO.ID - Dalang Blacius Subono tutup usia setelah pentas dalam kampanye akbar Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Solo, Jawa Tengah, Sabtu 10 Februari 2024. Maestro gamelan asal Surakarta ini meninggal dunia di usia 70 tahun.

Pria yang juga purna tugas dosen pedalangan Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta di Program studi Teater ini saat itu berperan sebagai Semar yang memberikan sejumlah wejangan kepada pasangan calon presiden dengan nomor urut 3 tersebut.

BACA JUGA:

Kepergian pria berbadan gempal itu cukup mengejutkan. Blacius tampak lemas dan tidak stabil hingga jatuh di atas panggung yang terdapar Ganjar-Mahfud. Acara itu diadakan di depan Balai Kota Surakarta.

Di panggung itu juga ada Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Puan Maharani.

Pria yang biasa disapa Bono ini juga dikenal sebagai maestro dalang. Pria kelahiran Klaten, 3 Februari 1954 ini mewarisi keahlian ayahnya dalam mendalang.

Tidak hanya pentas di dalam negeri, Bono juga pernah tampil di sejumlah negara. Sebut saja Amerika Serikat, Jepang, Hongkong, Singapura, Australia, Belanda, Italia, Perancis, Inggris, dan Kanada.

Tidak hanya itu, sejumlah penghargaan juga pernah didapatnya, seperti menerima Satya Lencana Budaya dari Lembaga Kebudayaan Jawa dan Anugerah Seni dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI tahun 1996. 

Kini Sang Mestro telah berpulang:

Inna lillaahi wa inna ilaihi raji'uun,

Rektor dan segenap civitas academica Institut Seni Indonesia Surakarta (ISI Solo) turut berduka cita atas berpulangnya salah seorang Empu dan purna dosen terbaik dari Program Studi Teater ISI solo, Blacius Subono, S.Kar., M.Sn.

"Semoga Almarhum diampuni segala kesalahan serta diterima segala amal ibadahnya oleh Tuhan Yang Maha Pengasih, dan keluarga yang ditinggal diberikan ketabahan dan kekuatan iman lahir batin," tulis humas ISI Solo seperti dikutip dari akun Instagram @isi_surakarta, Senin 12 Februari 2024.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Mihardi

Tentang Penulis

Sumber: