Waspada Banjir! BMKG Prediksi Hujan Lebat Bakal Guyur Sebagian Besar Wilayah Indonesia

Waspada Banjir! BMKG Prediksi Hujan Lebat Bakal Guyur Sebagian Besar Wilayah Indonesia

Ilustrasi, Hujan deras--PMJ news

Waspada Banjir! BMKG Prediksi Hujan Lebat Bakal Guyur Sebagian Besar Wilayah Indonesia - Peringatan dini datang dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Masyarakat diminta mewaspadai ancaman banjir, tanah longsor, atau banjir bandang akibat hujan lebat disertai angin kencang dan petir.

BMKG memprediksi sebagian besar wilayah Indonesia akan diterjang hujan dengan intensitas sedang hingga lebat sepanjang, Senin, 13 Februari 2023.

Sejumlah wilayah Indonesia yang berpotensi dilanda hujan sedang hingga lebat disertai angin dan petir, yaitu Aceh, Bali, Bangka Belitung, Banten, Bengkulu, DKI Jakarta, Gorontalo, Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Lampung, Maluku, Maluku Utara.

BACA JUGA:BMKG: Masyarakat Harus Siap Hadapi Gempa, Seluruh Wilayah Indonesia Rawan Gempa Bumi

BACA JUGA:Merchant Adalah, Simak Penjelasan Lengkap Berserta Manfaat dan Cara Daftarnya

Selain itu, wilayah yang juga diprediksi akan terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin dan petir, yaitu Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua, Papua Barat, Riau, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatera Utara, dan Sumatra Selatan.

Dampak curah hujan yang tinggi, seperti yang diungkapkan Kepala BMKG Dwikorita Karnawati akibat wilayah Indonesia masih mengalami kondisi La Nina.

La Nina akan segera berakhir dan menuju ke netral pada periode Februari-Maret 2023. 

Selanjutnya, pada semester kedua 2023 nanti, kondisi netral dan El Nino memiliki peluang yang relatif sama untuk terjadi.

BACA JUGA:BMKG Prediksi Seluruh Wilayah di Indonesia Berpotensi Hujan Lebat hingga Banjir

BACA JUGA:Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi, Gampang Gak Pake Ribet

"Kita masih harus menunggu beberapa waktu untuk memastikan bahwa El Nino benar-benar akan hadir tahun ini," katanya.

Menurutnya, masyarakat Indonesia semakin merasakan peranan informasi iklim dari BMKG, terutama yang aktivitas kehidupan serta mata pencahariannya terkait dengan sektor pertanian, ketahanan pangan, pengurangan risiko bencana, energi, kesehatan, dan air.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: