Cara Mudah Bikin Surat Lamaran Kerja via Chatbot ChatGPT, Silakan Mencoba!

Cara Mudah Bikin Surat Lamaran Kerja via Chatbot ChatGPT, Silakan Mencoba!

wawancara adalah salah tes saat melamar pekerjaan--

FIN.CO.ID- Surat lamaran kerja merupakan dokumen penting yang dibutuhkan saat mengajukan diri untuk sebuah posisi pekerjaan. Surat ini memberikan kesempatan kepada pelamar untuk memperkenalkan diri, menyoroti kualifikasi, pengalaman, dan motivasi kepada calon perekrut.

Untuk membuat lamaran kerja, pelamar harus merangkai kalimat yang selaras dengan pekerjaan yang akan dilamar dan perusahaan yang dituju.

Tak sedikit pelamar yang bingung dalam merangkai kalimat. Salah satu solusi yang bisa dipakai adalah mencari template surat lamaran kerja di berbagai situs.

Namun ada alternatif lain yang bisa dilakukan pelamar untuk membuat surat lamaran kerja. Salah satunya memanfaatkan chatbot ChatGPT. Ada juga aplikasi lain yang bisa membantu pelamar memaksimal surat lamaran kerjanya. Berikut ini ulasannya:

BACA JUGA:

1. ChatGPT

ChatGPT merupakan chatbot AI (Artificial Intelligence) berbasis Languange Model (model bahasa) yang dikembangkan OpenAI. Chatbot satu ini dapat menjawab atau menanggapi beragam pertanyaan dengan luwes sesuai perintah.

Pengguna bisa membuat instruksi mengenai perintah membuat surat lamaran kerja sesuai dengan preferensi masing-masing dan bahasa yang dibutuhkan. Misalnya saja Anda ingin membuat surat lamaran kerja sebagai software developer, maka cukup menulis instruksi “Buatkan surat lamaran kerja software developer di perusahaan A”. Nantinya ChatGPT akan menampilkan template lamaran pekerjaan yang bisa Anda elaborasi kembali.

2. Canva

Canva menjadi salah satu platform yang memungkinkan pengguna bisa membuat beragam kebutuhan. Salah satunya membuat surat lamaran kerja atau desain CV. Di Canva, pengguna bisa mencari template CV dan surat lamaran kerja yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Cara membuat CV di Canva dapat mengikuti cara ini. Buka aplikasi Canva di HP atau login di browser di https://www.canva.com/. Login menggunakan akun Canva dan Gmail Anda.

Pada kolom pencarian ketikkan “CV” atau “CV ATS” Nantinya akan muncul beragam template CV yang bisa Anda gunakan. Edit sesuai kebutuhan. Apabila desain telah selesai maka Anda bisa menyimpan CV dengan format dokumen maupun gambar

3. Remove.bg

Remove.bg merupakan situs yang berguna untuk menghapus background foto. Umumnya saat melamar pekerjaan, pelamar diharuskan melampirkan foto dengan warna latar belakang tertentu.

Apabila Anda memiliki foto formal dengan warna latar belakang tidak sama, cukup menggantinya di situs remove.bg. Cara ganti background di remove.bg dapat mengikuti cara berikut ini.

Buka situs https://www.remove.bg/. Klik “Unggah gambar”. Selanjutnya tunggu beberapa detik dan foto akan menghapus backgorund asli.

Setelah itu Anda dapat mengeditnya di aplikasi Canva. Berikut cara mengedit background di Canva. Buka Canva.com. Buka halaman kosong. Ganti background dengan warna yang dibutuhkan. Klik bagian background di posisi atas. Selanjutnya masukkan foto yang telah Anda hapus latar belakangnya di remove.bg.

4. CamScanner

Saat melamar pekerjaan, biasanya Anda harus melampirkan beberapa dokumen yang telah dipindai. Misalnya ijazah atau sertifikat tertentu. Untuk memindai dokumen, pengguna lebih mudah dengan adanya aplikasi CamScanner.

Aplikasi ini bisa diunduh di Play Store (Android) atau App Store (iOS) secara gratis. Cara menggunakan CamScanner, pengguna hanya mengarahkan kamera ponsel ke dokumen, setelah itu hasil pemindaian dapat disimpan dengan format gambar maupun dokumen.

Artikel ini juga membahas panduan lengkap dalam membuat surat lamaran kerja. Berikut penjelasan lengkapnya:

  • Heading atau Informasi Kontak

Mulailah dengan mencantumkan informasi kontak lengkap di bagian atas surat. Ini termasuk nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan alamat email yang dapat dihubungi.

  • Salam Pembuka

Gunakan salam pembuka yang sopan, seperti “Kepada Tim Perekrutan” atau “Kepada Divisi Sumber Daya Manusia”. Pastikan untuk menyebutkan perusahaan atau organisasi yang dituju.

  • Pengenalan Diri

Mulailah surat dengan pengenalan diri yang singkat. Jelaskan dengan singkat tentang latar belakang pendidikanmu, pengalaman kerja, atau keahlian yang relevan dengan posisi yang kamu lamar.

  • Motivasi dan Ketertarikan

Berikan alasan mengapa kamu tertarik untuk bekerja di perusahaan tersebut atau dampak yang ingin kamu berikan melalui kontribusimu.

  • Poin-poin Utama

Bagian ini merupakan inti surat lamaran. Jelaskan secara rinci mengenai kualifikasi, pengalaman, dan keahlian yang kamu miliki yang relevan dengan posisi yang kamu lamar. Gunakan poin-poin untuk menjelaskan dengan jelas dan terperinci. Sertakan contoh pencapaian atau proyek yang mendukung kualifikasimu.

  • Melakukan Riset

Tunjukkan pengetahuanmu tentang perusahaan atau organisasi yang dituju. Jelaskan bagaimana kualifikasi, nilai-nilai, atau budaya perusahaan tersebut sesuai dengan kepribadian atau tujuan karirmu. Ini menunjukkan bahwa kamu telah melakukan riset yang cukup dan memiliki minat yang kuat terhadap perusahaan tersebut.

  • Penutup

Tutup surat dengan kalimat yang ringkas dan positif. Sampaikan apresiasi atas kesempatan untuk melamar dan harapanmu untuk dapat berpartisipasi dalam proses seleksi lebih lanjut. Sertakan juga informasi kontak yang dapat dihubungi, seperti nomor telepon dan alamat email.

  • Salam Penutup

Gunakan salam penutup yang sopan seperti “Hormat saya” atau “Terima kasih”. Tandatangani surat dengan nama lengkap dan tambahkan tanda tangan jika mengirimkan surat secara fisik.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Eko Nugros

Tentang Penulis

Sumber: