Debat Capres Terakhir, KPU Tambah Waktu 4 Menit

Debat Capres Terakhir, KPU Tambah Waktu 4 Menit

Debat Capres-Cawapres--fin.co.id

FIN.CO.ID - Debat kelima atau debat terakhir antar capres pada 4 Februari 2024 mendatang diberi tambahan waktu. Semua 2 menit menjadi 4 menit. Tambahan waktu ini diputuskan oleh KPU usai menerima usulan tim sukses para pasangan calon. 

"Kami sudah kelola itu. Kami sudah atur. Nanti khusus di segmen keenam atau penutup, maka alokasi waktu untuk closing statement (pernyataan penutup) dari masing-masing calon presiden akan dipenuhi sebanyak 4 menit masing-masing pasangan calon," ujar Anggota KPU RI August Mellaz di Gedung KPU RI, Jakarta, Jumat, 2 Februari 2024.

Dia mengatakan perubahan waktu tersebut tidak mengubah waktu debat secara keseluruhan. Sehingga total waktu pelaksanaan tetap 120 menit.

"Kalau dari sisi waktu, yang kita ringkas itu dari sisi moderatornya. Jadi tidak mengurangi keseluruhan alur debat," terang August Mellaz.

Dikatakan, penambahan waktu dalam debat capres/cawapres bukanlah hal baru.

BACA JUGA:

"Sebenarnya kalau penambahan waktu ini bukan satu hal yang baru. Di pelaksanaan debat pemilu periode 2019 lalu juga sebenarnya ada. Itu juga bagian dari pengalaman-pengalaman yang ada," paparnya.

Debat kelima menampilkan tiga capres, yaitu Anies Baswedan (capres nomor urut 1), Prabowo Subianto (capres nomor urut 2), dan Ganjar Pranowo (capres nomor urut 3).

Tema debat terakhir adalah pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, kebudayaan, teknologi informasi, serta kesejahteraan sosial dan inklusi.

Debat capres tersebut akan dipandu oleh dua moderator, yakni Andromeda Mercury dan Dwi Anggia. Stasiun televisi penyelenggara debat terakhir adalah TV One, ANTV dan Net TV.

Diketahui, debat pertama capres Pemilu 2024 telah diselenggarakan di Kantor KPU RI, Jakarta, pada tanggal 12 Desember 2023. 

Kemudian, debat kedua cawapres Pemilu 2024 digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, pada tanggal 22 Desember 2023.

Debat ketiga capres Pemilu 2024 digelar di Istora Senayan, Jakarta, pada tanggal 7 Januari 2024. 

Setelah itu, debat keempat cawapres Pemilu 2024 digelar di JCC, Senayan, pada tanggal 21 Januari 2024.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: