Anggota KPPS di Cilacap Alami Keracunan Massal Usai Mengikuti Bimtek

Anggota KPPS di Cilacap Alami Keracunan Massal Usai Mengikuti Bimtek

Anggota KPPS Cilacap Alami keracunan massal--KPU Cilacap

FIN.CO.ID - Sejumlah anggota KPPS di Cilacap, Jawa Tengah diduga mengalami keracunan massal usai mengikuti bimbingan teknis atau Bimtek.

40  anggota KPPS diduga keracunan setelah menyantap snack dan nasi kotak saat Bimtek.

Dilansir dari West Java Today pada 2 Februari 2024. Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani Aher meminta pihak berwajib untuk mengusut tuntas kasus keracunan pada 40 Anggota KPPS di Cilacap.

"kejadian keracunan ini sangat memprihatinkan mengingat penyelenggaraan pemilu 2024 tinggal menghitung hari saja. Seharusnya hal-hal yang berpotensi mengganggu stabilitas dan konsentrasi pemilu 2024 dapat dihindari," ucap Netty dalam keterangan tertulisnya.

BACA JUGA:

“Kepolisian harus mengusut tuntas kasus keracunan massal anggota KPPS di Cilacap, Jawa Tengah. Kita tahu, peran KPPS sangat penting dalam menyukseskan penyelenggaraan pemilu. Jika ada hal buruk menimpa KPPS tentu dapat menimbulkan persoalan,” tambahnya.

Netty menegaskan bahwa kasus ini harus dilakukan secara tuntas dan transparan agar tidak menimbulkan kabar palsu atau hoax.

"Jangan ada  hoax beredar seperti soal kecurigaan adanya unsur kesengajaan meracuni.  Ini akan membuat masyarakat kehilangan kepercayaan pada penyelenggaraan pemilu," jelasnya. 

Lanjutnya ia meminta Kementerian Kesehatan dan KPU untuk mengawas kesehatan untuk para KPPS.

BACA JUGA:

“Selain faktor kelelahan, faktor makanan yang bersih, higienis dan sehat juga harus diperhatikan. Anggota KPPS rentan keracunan makanan karena dalam setiap event tersedia makanan ringan ataupun berat. Nah ini kontrolnya bagaimana?,” tandas Netty.

Sebagai informasi, sebanyak 40 Anggota KPPS di Cilacap, Jawa Tengah mengalami keracunan. Diduga, penyebab keracunan tersebut dari makanan yang disediakan oleh katering saat bimbingan teknis KPPS. 

Adapun mereka yang diduga mengalami keracunan adalah para petugas KPPS yang telah mengonsumsi makanan saat mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek). 

40 Petugas yang keracunan tersebut adalah petugas KPPS yang ada Desa Majingklak, Kecamatan Wanareja, Kabupaten Cilacap. Diketahui, kegiatan bimtek tersebut dilakukan pada, 26 hingga 27 Januari 2024 diadakan selama dua sesi.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Ari Nur Cahyo

Tentang Penulis

Sumber: