Usai Dilantik, 26.894 Petugas KPPS Tangsel Diminta Jaga Integritas

Usai Dilantik, 26.894 Petugas KPPS Tangsel Diminta Jaga Integritas

Ilustrasi anggota KPPS--

FIN.CO.ID - Sebanyak 26.894 petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) telah dilantik pada Kamis 25 Januari 2024. Puluhan ribu petugas KPPS itu juga diminta untuk menjaga integritasnya selama bertugas di Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024.

"Jaga integritas agar Pemilu 2024 agar berjalan damai, juru, adil dan bisa melaksanakan tugas-tugasnya dengan lancar," kata Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Pilar Saga Ichsan dalam keterangannya, Minggu 28 Januari 2024.

BACA JUGA:

Dia mengatakan, Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel) telah menyiapkan perlindungan untuk petugas KPPS yang bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan. Hal tersebut dilakukan dalam antisipasi kejadian Pemilu 2019 silam.

"Tahun ini kita ada santunan kematian. Khawatir kejadian di 2019, santunan kematian itu berupa BPJS Ketenagakerjaan, dan sudah didaftarkan," katanya.

Kemudian Pemkot Tangerang Selatan juga menugaskan Dinas Kesehatan untuk terus melakukan pengecekan kesehatan kepada petugas KPPS dan lainnya. "Bahkan pelayanan gratis bagi petugas KPPS yang mengalami kondisi sakit," ujarnya.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan M Taufiq MZ mengatakan, sebanyak 26.894 petugas KPPS telah dilantik pada Kamis 25 Januari 2024 di tujuh wilayah kecamatan. Berikut rinciannya, KPPS Kecamatan Serpong di Auditorium Unpam, KPPS Kecamatan Setu di Graha Widya Bakti, KPPS Kecamatan Pamulang di UTCC, KPPS Kecamatan Ciputat di Tambok Labu, KPPS Kecamatan Ciputat Timur di GOR Rahardian, KPPS Kecamatan Pondok Aren di Auditorium STAN, dan KPPS Kecamatan Serpong Utara di WTC.

Usai pelantikan kemudian juga sudah dilakukan penanaman 26.900 bibit pohon yang tersebar di 3.831 tempat. Kegiatan tersebut sebagai bentuk penggantian jumlah kebutuhan kertas yang digunakan.

Total kebutuhan kertas dengan berbagai jenis untuk logistik Pemilu 2024 secara nasional sekitar 65.998 ton. Apabila dihitung dengan kebutuhan 65.989.000 kilogram kertas diganti dengan 5.709.898 bibit pohon, maka diharapkan setiap bibit pohon akan mengganti 11,6 kilogram kertas.

"Maka di Tangsel diharapkan bisa berkontribusi bibit pohon sebanyak 3,12 ton," ujarnya.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Mihardi

Tentang Penulis

Sumber: