Ini 10 Hewan yang Dijanjikan Masuk Surga, Nomor 9 Seekor Anjing

Ini 10 Hewan yang Dijanjikan Masuk Surga, Nomor 9 Seekor Anjing

10 Hewan yang Dijanjikan Masuk Surga, Nomor 9 Seekor Anjing-fin/diolah-harakah islamiyah

FIN.CO.ID - Semua makhluk hidup ciptaan Allah SWT punya kesempatan masuk surga. Bukan hanya manusia. Ada 10 binatang atau hewan yang dijanjikan masuk dalam Surga milik Allah. 

Seperti dikutip dari NU Online, dalam Hasyiyah Qishah al-Mi’raj, Syekh Ahmad ad-Dardiri menyebutkan ada 10 binatang alias hewan yang kelak masuk surga. 

1. Burung Hudhud Ratu Bilqis 

Hudhud merupakan jenis burung pelatuk yang disebut Allah SWT  dalam Al-Quran Surat an-Naml ayat 20-40. Burung ini ditugasi Nabi Sulaiman mencari kabar ke daerah lawan. Salah satunya kabar dari negeri Saba’.     

Burung Hudhud dikisahkan melaporkan kepada Nabi Sulaiman menjumpai perempuan yang sangat kaya raya namun menyembah matahari. Namanya Ratu Bilqis. Allah memberi keistimewaan burung Hudhud kemampuan fisik dan daya jelajah luar biasa.   

Nabi Sulaiman mengutusnya membawa seruan dakwah kepada Ratu Bilqis di negeri Saba’. Burung Hudhud diperintah untuk membawa surat dan mengikuti tanggapan Ratu Saba'.  

Mendapat surat kiriman, Ratu Bilqis meresponsnya. Hasilnya adalah mengirim utusan untuk mengantarkan hadiah kepada Raja Sulaiman di Yerusalem. Berkat jasanya itu, burung Hudhud dijamin Allah masuk surga.  

2. Sapi Betina Bani Israil  

Pada zaman Bani Israil, hidup laki-laki kaya raya yang dibunuh oleh orang tak dikenal. Masyarakat ingin tahu siapa pembunuhnya.  Mereka pun menemui Nabi Musa. Lantas, Nabi Musa memohon pertolongan kepada Allah dan mendapatkan perintah untuk menyembelih sapi betina dengan ciri-ciri tertentu. 

Ciri sapi betinaya adalah tidak boleh terlalu tua dan muda. Memiliki kulit yang bersih dan tidak pernah membajak sawah. Setelah sapi disembelih, Nabi Musa memukulkan dagingnya kepada jasad laki-laki yang dibunuh tadi.  

Di luar dugaan, jenazah itu benar-benar bangkit dari kematiannya. Nabi Musa pun bertanya, “Siapa yang membunuhmu?” Jenazah itu menjawab bahwa orang yang membunuhnya adalah kerabatnya sendiri. Sapi betina itu kelak masuk surga.   

BACA JUGA:

3. Anak Sapi Nabi Ibrahim  

Pada suatu hari, Nabi Ibrahim A.S. kedatangan 3 tamu yang tak dikenalnya. Nabi Ibrahim pun memuliakan tamunya dengan hidangan berupa daging anak sapi panggang. Namun, 3 tamunya itu tidak mau menyentuh hidangan tersebut. 

Rupanya, 3 tamu itu jelmaan malaikat yang diutus Allah SWT.  Mereka datang membawa kabar bahwa Nabi Ibrahim dan istrinya akan segera mendapatkan anak. Anak tersebut adalah Ishaq. Sebagai balasannya, anak sapi yang disembelih itu diberi balasan masuk surga. Kisah ini tercantum dalam surat adz-Dzariyat ayat 24-30.   

4. Ikan Nabi Yunus  

Dikisahkan, perjalanan dakwah Nabi Yunus AS mendapat penolakan keras dari kaum Ninawa. Akhirnya, Nabi Yunus as. merasa putus asa dan pergi menaiki kapal yang penuh dengan muatan. Di tengah perjalanan, badai besar menghadang kapal yang ditumpanginya. Satu per satu muatan dibuang ke laut, termasuk muatan orang. 

Saat diundi, keluar nama Nabi Yunus dan mengharuskan dirinya melompat ke laut. Sesaat terjun ke laut, Nabi Yunus ditelan ikan besar. Selama 40 hari Nabi Yunus berada dalam perut ikan. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: